Silahkan layangkan konsultasi mengenai mata Anda di halaman ini.

Salam Mata Sehat!

*Saran kami sebagai asisten dari pengasuh weblog konsultasi online ini, bila dilakukan penanganan/pengobatan sendiri tanpa ada konsultasi/pemeriksaan tatap muka/resep dari dokter ahli, bukan tanggung jawab pengasuh weblog ini.

43 Responses to “Konsul 3”

  1. adisembiring Says:

    Hallo ibu …
    saya mau tanya nih, kemarin saya ada gangguan mata. mata saya serasa di ganjal oleh serbuk batu. rasanya perih, tapi tidak mengeluarkan air mata. kejadian ini berlangsung satu minggu, sekarang sih masih terasa dikit2 rasa sakit itu.

    Kira2 itu kenapa ya ??? oh ia, saya selalu bekerja di depan laptop mulai pagi sampe malam. sebenarnya mata saya juga udah minus. tapi saya belum mengenakan kaca mata sama sekali.

    Tolong berikan saya saran dan pencerahaan ya bu.
    Thanks B4

    1. asisten Says:

      Halo Adi,
      Keluhan anda tampaknya mengindikasikan adanya benda asing dalam mata, mungkin ada riwayat terkena debu atau angin. Debu tersebut mungkin menyelip di dalam mata.
      Atau bisa juga ada kapur-kapur di dalamnya atau memang ada radang di dalam kelopak. Seharusnya hal tersebut diperiksakan ke dokter mata agar gangguan tersebut cepat hilang dan tidak menimbulkan masalah yang berkepanjangan.
      Salam,
      Rose

      1. adisembiring Says:

        Thanks buat sarannya bu.

        Kalo boleh saya minta rekomendasi praktek dokter mata di daerah jakarta ini ??? yah sesuai dengan ekonomi saya yang masih pas pasan. kalo bisa, sekalian predikisi biaya periksa mata kira2 berapa.

        Thanks

  2. yuan Says:

    Selamat pagi dok,

    Saya mau bertanya, mata saya sudah hampir 3 bln ini ada benjolan kecil didalam kelopak,kemudian timbul seperti jerawat kecil dibawah mata luar,di kanan dan kiri mata. Awal nya 24 des 2009 , mata saya mengalami iritasi ringan. mata merah,panas,gatal. lalu saya kasih tetes mata biasa, tapi tdk sembuh2.akhir nya saya ke klinik umum, lalu di beri balm ( salep unk mata ) 2-3 hari sedah mendingan, lalu kambuh lagi saat saya melakukan perjalanan, dan saya ke pharmacy negara setempat.akhir nya di beri anti biotik dan tetes mata.setelah itu sembuh tidak ada rasa gatal dan panas di mata.

    tetapi benjolan di dalam kelopak mata saya dan bintil kecil seperti jerawat kecil muncul kembali ( tidak ada rasa pedih / panas. gatal sesekai saja ). yang saya ingin tanyakan, apa penyebab benjolan tsb?, berbahaya atau tidak?

    1. asisten Says:

      Selamat sore Yuan,

      Dari riwayat yang anda ceritakan, kemungkinan besar anda menderita hordeolum/kalazion (sejenis peradangan pada kelenjar minyak di kelopak mata). Bahasa awamnya timbil/bintil.

      Umumnya timbil ini dapat diatasi dengan pemberian antibiotika tetes mata atau salep, disertai dengan kompres hangat. Namun, beberapa kasus, mata nanahnya (yang anda maksud dengan jerawat), harus dikeluarkan dengan operasi minor. Tentunya ini harus dilakukan oleh dokter mata.

      Tujuannya supaya menghilangkan nanah tersebut dan mencegah berulangnya kasus tersebut.

      Hindari mengucek mata, dan seringlah mencuci tangan.

      Salam mata sehat,
      Rose

      1. yuan Says:

        selamat malam,
        Bu dokter terima kasih penjelasan nya, kalo untuk oprerasi minor, kira2 kisaran biaya nya kira berapa? terima kasih

  3. Tyas Says:

    Dokter saya mau tanya, mata saya ini kok sering pedih dan merah, rasanya jadi ga seger gitu klo ke kantor kayak orang bangun tidur. Saya sudah coba pakai tetes mata tapi masih tetap saja. Kalau saya lihat di area putih mata itu tampak seperti pembuluh darah kecil2 sehingga kelihatan mata jadi merah lelah. Bagaimana sarannya, terima kasih.

    1. asisten Says:

      Halo Tyas,

      Kondisi mata seperti keluhanmu jangan dibiarkan berlarut-larut. Walau gejalanya tidak fatal seperti mata kering, namun tetap harus diperiksakan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain.
      Tetes mata yang dipakai sebaiknya juga dari resep dokter. Karena ada bermacam-macam tetes mata yang kegunaan dan khasiatnya juga bermacam-macam. Bila tidak digunakan tepat sesuai indikasi, bukannya bertambah baik, malah bisa menimbulkan gangguan lain.

      Salam mata sehat,
      Rose

  4. irwan Says:

    malem dok,kebetulan sekali kalau saya bisa konsultasi disini.saya pria 28 tahun,punya masalah tentang mata merah dan terlihat tidak segar,terasa perih jika terkena perubahan cuaca atau AC maka pembuluh darahnya melebar ,sudah saya konsultasikan ke dokter,menurut dokter saya mengalami alergi terhadap alergen,dan mata dalam kondisi baik.lalu dokter memberikan pelembab mata cendo cenfresh.namun kemudian saya sangat tergantung terhadap obat tersebut.yang ingin saya tanyakan apakah ada cara lain untuk menyembuhkan mata saya tersebut,karena saya merasa sangat terganggu dengan pertanyaan dari orang-orang sekitar.
    yang kedua,adakah hubungan dengan alergi hidung saya (sering bersin2).sebelumnya saya ucapkan terimakasih

    1. asisten Says:

      Selamat sore Irwan,

      Alergi mata (conjungtivitis alergika) merupakan salah satu manifestasi dari alergi tubuh terhadap berbagai macam alergen yang ada di alam. Setiap orang mempunyai manifestasi alergi yang berbeda-beda, ada yang di mata, hidung (bersin-bersin),kulit, asma, ataupun gabungan di antaranya. Sehingga satu sama lain bisa saling berkaitan.

      Selama anda dapat menghindari alergen tersebut, maka manifestasi alergi tidak akan atau jarang muncul.

      Keadaan alergi mata tersebut sudah menimbulkan iritasi di permukaan mata, apalagi ditambah dengan perubahan cuaca dan angin dari AC yang bisa menambah penguapan air mata sehingga mata tambah kering dan tambah iritasi. Kondisi radang dan gangguan air mata tersebut harus ditangani hingga pulih.

      Pastikan dulu alergen yang membuat anda alergi, kemudian hindari sebisa mungkin. Tetes mata tersebut cukup aman.

      Salam mata sehat,
      Rose

  5. rizal Says:

    Terima kasih atas adanya layanan seperti ini, semoga ibu dokter sehat, dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

    Dok, mata istri saya sebelah kanan 15 thn lalu dioperasi oleh dokter di Manado dan di pasangkan lensa dibalik bola mata.Kemudian dianjurkan agar dilakukan pembersihan menggunakan laser dan kami lakukan di eye center jakarta. Selama ini baik-baik saja, tetapi kemampuan penglihatan berkurang terus, sampai kini hanya dapat merespon cahaya saja dan jika diperhatikan kadang sedikit tidak simetris.Beberapa dokter di Makassar menganjurkan operasi lagi.Oh… ya, umur sekarang 40 thn. Yang sy ingin tanyakan dok, apa pengaruh lensa terhadap perjalanan usia, apakah jika dilakukan operasi dapat kembali normal, adakah operasi alternatif, dimana, dan maaf dok perkiraan biaya berapa. Apa bisa gunakan askes pns. Terima kasih dok atas jawabannya.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Bp. Rizal,

      Saya menangkap maksud operasi yang dilakukan adalah operasi katarak pada usia muda (25 tahun) dan dilakukan pemasangan lensa intraokular. Bila proses pemasangan lensa tepat, lensa ini sangat aman di mata.

      Tujuan pemasangan lensa di dalam bola mata adalah untuk menggantikan fungsi lensa alami yang sudah dioperasi, sehingga pasien bisa mendapatkan fungsi penglihatan yang optimal kembali. Namun, untuk mendapatkan fungsi tersebut, kondisi media refraksi (seperti kornea, cairan mata), retina dan saraf penglihatan harus baik. Jikalau tidak, hasil operasi tentu tidak akan optimal.

      Untuk mengetahui fungsi penglihatan istri Bapak, tentunya harus diperiksa terlebih dahulu, demikian juga struktur organ di dalamnya. Keputusan operasi atau tidak harus berdasarkan pemeriksaan mata secara menyeluruh.

      Salam mata sehat,
      Rose

  6. ubit Says:

    dok, di bola mata kiri, d bagian y putihnya ada benjolan warna merah. setiap mngedipkan mata, terasa ada yang mengganjal. awal terasa ada y gatal n kelilipan sesuatu, setelah sy liat gak aada benda asing,n keesokan hari ada benjolan tipis pada bagian putih mata kiri.sedangkan mata kanan normal. q minus 1,5 mata kanan nndikiri ukurannya sama. thanx penjelasannya ya dok, kirim ke email aja jawabannya

    1. asisten Says:

      Selamat sore Ubit,

      Info yg anda tulis kurang lengkap, tidak mencantumkan usia anda dan sudah berapa lama keluhannya.

      Secara umum bila ada benjolan di selaput mata putih yang kadang-kadang bisa terlihat merah, dengan rasa mengganjal biasanya adalah pinguekula atau pterygium.

      Hal ini tidak berbahaya. Hindari pajanan sinar matahari, angin, debu. Semakin sering iritasi, akan semakin mempercepat pertumbuhannya.

      Salam mata sehat,
      Rose

  7. iwan Says:

    siang dok,
    mata saya minus ki 3.50 ka 2.00 pada saat ini saya pake softlens dispossible. saya bekerja di depan komputer 5-10 jam perhari.
    yg mo saya tanyakan apakah menggunakan softlens yg ukurannya kurang tepat (kurang banyak minusnya) dpt menyebabkan mata mudah iritasi? trus bolehkan selama menggunakan softlens kita menetesi mata menggunakan obat tetes mata spt in*** atw vis***? apa pengaruhnya bwt softlens?
    saya jg punya masalah kalo melihat cahaya yg terang (lampu mobil/motor, matahari siang) mata mjd sakit dan pandangan menjadi silau. saya pernah baca kalo hal ini bisa dibantu dg menggunakan kacamata berlensa kuning atw coklat. apa ini benar?

    terima kasih sekali untuk infonya…

    1. asisten Says:

      Selamat sore Iwan,

      Iritasi karena pemakaian softlens memang sering terjadi. Hal ini bukan disebabkan ukuran softlens yang kurang, tetapi karena mata kering yang disebabkan penggunaan softlens dan efek mata kering karena penggunaan komputer (kurang berkedip, padahal setiap berkedip ada refleks kelenjar air mata yang memproduksi air mata untuk melubrikasi mata) atau perawatan softlens yang kurang baik.

      Perlu diketahui, ukuran softlens memang biasanya lebih kecil daripada kacamata biasa.Dan mengenai obat tetes mata yang kamu sebutkan di atas sebaiknya tidak dilanjutkan kembali, karena khusus softlens ada obat tetes mata khusus. Saran sy sebaiknya bila memang betul terjadi iritasi periksakanlah pada dokter mata yang kamu kenal baik.

      Karena kamu sering di depan komputer, sering2lah berkedip (menambah produksi air mata), dan sering2 lihat jauh agar mata tidak terlalu lelah karena berakomodasi terus. Dengan berkedip juga, mata mendapat fase gelap, sehingga produksi vitamin A di retina tetap terjaga baik.

      Salam mata sehat,
      Rose

  8. danang Says:

    selamat siang ibu..
    kemarin kebetulan saya berenang, sehabis berenang itu, mata saya terasa perih sekali, terasa kebakar, lalu coba saya pakai tetes mata, tapi hari ini(sehari kerbudian), ada yg aneh dengan penglihatan saya, setiap melihat huruf, serasa ada 2 huruf yg bertumpukan,kalo lihat gambar normal, saya coba test melihat dengan 1 mata bergantian, terasa normal(huruf tidak berbayang). kira2 kena apa ya .. menginggat air kolam renang kemarin terasa begitu tinggi kadar kaporitnya…apa saya terkena iritasi sehingga penglohatan saya terganggu. oh ya.. penglihatan akan terasa normal jika saya mendekat kira2 20 cm dari layar monitor.
    selamat siang dan terima kasih sebelumnya.

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Bpk Danang,

      Dari keluhan Bapak, sepertinya ada iritasi mata yang mungkin mengenai kornea sehingga pandangan menjadi kabur, berbayang, dan terasa nyeri yang sangat mengganggu. Kondisi ini harus mendapatkan pemeriksaan mata, apakah terkait iritasi oleh air kolam renang atau ada benda asing yang masuk mata sehingga perlu dilakukan tindakan atau terapi agar kornea tidak semakin rusak.

      Perlu diingat, mata tidak boleh dikucek ataupun diberikan tetes mata tanpa diketahui indikasi yang pasti.

      Salam mata sehat,
      Rose

  9. SRI BULAN Says:

    selamat siasaya wanita berusia 23 tahun,sejak kecil mata sebelah kiri saya ruasak (sama sekali kabu)atai yang sering di sebut orang dengan kata jereng.tapi kl mata sebelah kanan nya normal tanpa ada keluhan sama sekali.mata saya rusak,kata orang tua saya karena sakit step di waktu kecil.kira kira mata nya masih bisa di sembuhkan.dan saya memang belum pernah periksakan diri ke dokter.karna saya dengar dr orang orang.kl mata seperti itu tdk bs di obati.

    terima kasih ya mbak.

    1. asisten Says:

      Selamat sore mb Sri Bulan,

      Ada baiknya Anda memeriksakan mata ke dokter mata daripada membiarkan masalah berlarut-larut tanpa penanganan yang jelas dan hanya meraba-raba saja kemungkinan penyembuhannya.

      Kemajuan ilmu pengetahuan dan bedah di bidang mata, memungkinkan untuk pemulihan dan penyembuhan kelainan mata baik secara fisiologi, anatomi hingga kosmetik.

      Kondisi jereng pun banyak yang dapat dibuat hingga mata lurus ke depan, sehingga secara estetik mata terlihat lurus ke depan.

      Salam mata sehat,
      Rose

  10. Christin Says:

    selamat pagi dok..
    ibu saya menderita retinal detachment dan retinal tears..
    dan sudah d laser argon..
    apakah ada larangan khusus bagi penderita retinal detachment dan retinal tears?
    terima kasih

    1. asisten Says:

      Selamat sore Christin,

      Larangan khusus bagi penderita retinal detachment adalah tidak boleh mengangkat beban yang terlalu berat atau mengedan/batuk/bersin terlalu keras yang dapat memicu terjadinya robekan atau lepasnya retina.
      Lakukan kontrol untuk pemeriksaan retina mata berkala sesuai anjuran dokter.

      Salam mata sehat,
      Rose

  11. jansen Says:

    selamat malam,,saya pengguna softlens yg masih newbie,,

    saya mau tanya larangan2 dalam menggunakan softlens,,

    biasanya saya pakai untuk mengendarai motor..dan menggunakan kaca mata hitam..apakah boleh??

    regards..

    thx bgt dok..

    1. asisten Says:

      Selamat sore Jansen,

      Softlens lebih baik tidak digunakan pada saat berkendara motor, sebab beresiko terkena debu dan angin yang dapat menyebabkan iritasi bahkan infeksi mata.

      Penjelasan sy secara detail bisa dilihat dengan pertanyaan sejenis pada Halaman Konsul 1/16, Konsul 2/8-10 & 19, serta Konsul 3/7.

      salam mata sehat,
      Rose

  12. dameria Says:

    pagi dok,
    saya ibu dengan 2 orang anak,umur saya 30 thn.
    saya berkacamata minus sejak kls 4 sd,dengan min 4,dan sekarang min saya kiri 9,75 dan kanan 7,00. yg membuat saya belingsatan sekarang adalah,anak saya sepertinya menerima turunan mata rusak dari saya,gejalanya seperti ini dok;
    anakku ini berusia 3thn,dia sering sekali menonton TV dekat sekali dengan layar Tv,sy sudah berusaha melarang,namun jika sy lengah dia ulang kembali utk menontot TV dekat2,sekarang kurang lebih 2 minggu belakangan ini,setiap menoton Tv matanya selalu dipicingkan,sy takut ada masalah dengan matanya,namun jika sy ajak serius dan sy tanya dengan tegas apakah dia tidak melihat namun dijawabnya dia melihat.
    Tiga hari yg lalu sy ajak anakku itu utk periksa mata,ke dr.ANITA SHARA krn di lampung dokter mata wanita cuma dr itu,namun lom bisa dikasih kesimpulan apapun,mengingat usia anakku yg baru berumur 3thn.
    oleh karena itu dok,saya sangat mohon bantuan konsultasinya,hrs bagaimana saya untuk mengatasi problem mata anak saya ini?
    sbg informasi sy bertempat tinggal di BANDAR LAMPUNG,dan tv dirumah dah sy gantung di tembok,agar anakku tidak menonton dekat layar Tv.
    atas infonya sy ucapkan banyak terimakasih.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Dameria,

      Beberapa tanda adanya gangguan penglihatan pada anak adalah: maju2 saat menonton TV, micing-micing mata, miring-miringkan kepala, merem-merem, kurang awas dengan peristiwa yang agak jauh dari pandangan.

      Sebaiknya sempatkan periksakan mata anak Ibu ke dokter mata yang mempunyai fasilitas pemeriksaan yang lebih lengkap, oleh karena fase perkembangan fungsi penglihatan anak maksimal mencapai 6 tahun.

      Bila ada kerusakan mata yang memerlukan koreksi kacamata, dan tidak diberikan sebelum fase tersebut, kadangkala mata tersebut dapat mengalami ambliopia (mata malas).

      Menjauhkan TV dari pandangan anak tidak menyelesaikan masalah, yang lebih bijaksana adalah memeriksakan mata anak anda sehingga bila ia memerlukan kacamata untuk penglihatannya, otomatis ia tidak akan maju mendekat saat menonton tv ataupun memicingkan matanya untuk memfokuskan objek yang akan dilihat.

      Salam mata sehat,
      Rose

  13. candra Says:

    Selamat malam dok,

    Saya pria, umur 22 tahun. 2 tahun terakhir ini saya melihat kelainan di mata kanan saya yaitu agak mengarah ke kanan.

    Kurang tahu kapan ini bermula, tapi kalau saya lihat ke foto lama saya dari awal kuliah ataupun sma ternyata emank ada sedikit mengarah ke kanan tapi tidak kentara seperti sekarang.

    Mata kiri normal, kanan -0.75 & cyn -0.75. Tidak menggunakan kacamata >.<

    Kira-kira penyebab makin parahnya arah juling dan tindakan koreksinya bisa menggunakan cara apa ya dok? Kalau kacamata di sarankan oleh dokter, apakah softlen dapat digunakan sebagai penggantinya ?

    Oh ya saya juga pernah check up dokter sebelumnya, tapi hanya check up mata biasa ke spesialis. Tidak ada komen dari dokter kecuali emank mata kanan yang saya lebih parah dibanding mata kiri normal. Apakah kelainan otot atau syaraf dapat diketahui dari rangkaian test refraksi atau ada test yang lebih mendalam lagi ya ?

    Thanks dok
    Sorry banyak nanya ^^

    1. asisten Says:

      Selamat siang Candra,

      Penjelasan tentang penyebab mata juling bisa kamu baca lagi di Halaman Konsul 2 no.16-17.
      Tindakan koreksi mata juling yang paling ringan adalah dengan kacamata. Softlens dapat dipakai sebagai alternatif. Harusnya dari awal ketahuan mata kanan dan kiri tidak seimbang, kamu sudah harus memakai kacamata dengan tujuan mata kiri bisa mendapatkan bayangan yang tepat di retina.

      Karena bila dibiarkan, bayangan di mata kiri tidak pernah jatuh tepat di retina (menyasar), sehingga mata kiri kamu juga jadinya berfokus di titik nyasar tersebut. Lama kelamaan mata jadi berdeviasi. Namun, kondisi mata juling harus dilihat lagi apakah semata-mata karena kelainan refraksi atau memang ada kelainan otot atau syaraf. Untuk mengetahuinya, memang dibutuhkan pemeriksaan lain selain tes refraksi.

      Salam mata sehat,
      Rose

  14. tri Says:

    siang bu..
    mau ty ne, kaLo pemakaian obat cindo xetrol untuk mata belekan anjurannya brp x shari y?
    coz sy bli obt itu d apotik.. ats rekomen dr tmn, kLo terlalu srg apakah ada efek sampingnya?
    sy udh 3hr ini, udh agk mndingan tp blm smbuh total kdg msh klwr ktoran d mata..
    kbetulan sy d dpn komputer krg lbh 7 jam/hari, ap itu mmperlambat proses pnyembuhan?

    thx

    1. asisten Says:

      Selamat siang Tri,

      Setiap penggunaan obat mata seharusnya dengan rekomendasi dokter mata oleh karena pemakaian yang tidak sesuai indikasi, dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya. Mudah-mudahan mata anda tidak apa-apa.

      Saya tidak mengetahui kondisi mata anda seperti apa, jadi saya tidak berani memberi saran mengenai jenis obat/dosis yang seharusnya.

      Istirahat sangat dibutuhkan untuk mata, apalagi dalam keadaan sakit mata. Di depan komputer dapat memperlambat penyembuhan, oleh karena mata terbuka terus, penguapan air mata meningkat, mata jarang berkedip juga (padahal setiap mata berkedip mengeluarkan air mata yang banyak mengandung enzim, bahan-bahan protektif terhadap kuman/virus yang juga sangat membantu proses penyembuhan).

      Salam mata sehat,
      Rose

  15. dina Says:

    salam kenal Dr. Rose,,,

    nama saya dina, umur saya 14 thn.
    saya mau bertanya, kenapa mata saya suka gatal, berair, dan merah. padahal saat itu tidak di bawah terik matahari ataupun ditempat berdebu, dan bermain komputer. walaupun begitu mata saya bisa melihat tulisan ataupun gambar dengan sangat jelas.

    keluhan seperti ini sudah saya alami sejak lama, namun tidak kunjung sembuh.
    mohon dijawab ya dok, saya akan sangat berterima kasih kalau pertanyaan saya dijawab.

    1. asisten Says:

      Selamat siang Dina,
      Salam kenal juga.

      Keluhan yang kamu sampaikan mirip dengan keluhan orang alergi. Coba perhatikan hal-hal yang membuat kambuh mata gatal tersebut. Bisa saja bukan debu atau kondisi terik, tapi udara dingin, mata yang kering, makanan, atau penggunaan kosmetik di sekitar mata.

      Lebih baik diperiksakan ke dokter mata, agar kondisi tidak semakin parah. Semakin cepat ditangani, tentu akan semakin cepat sembuh.

      Salam mata sehat,
      Rose

  16. khya Says:

    dok..sy mau tanya ttg penyakitbyg diderita tunangan sy skarang ini..
    apabila lg kambuh, matanya seringkali merah dan bengkak, berair tp tanpa belekan…
    dan dikornea matanya terdapat selaput putih, tp didaerah pinggir kornea..
    selalu terjadi pada saat terkena cahaya matahari yg menyilaukan, kurang tidur, kecapean dan saat strees…
    didaerah kami tinggal, kami sdh ke ahli mata, tp hasilx sangat tdk memuaskan, krn kamin tdk diberitahu penyakit apa yg tunangan sy derita..
    bgmana kami mau mengobati penyakit mata ini?
    karna penyakit ini sdh diderita dari tahun 2004…
    mohon bantuannya dok..

    1. asisten Says:

      Selamat malam Khya,

      Mungkin selaput yang anda maksud adalah pterygium/pinguekula, yang seringkali tumbuh di tepi kornea, dan kadangkala pertumbuhannya bisa menuju hingga ke kornea. Bila mata kering atau terkena angin/iritasi, maka akan menjadi merah, rasa mengganjal, dan mungkin panas.

      Untuk mengurangi iritasi, biasanya dapat diberikan tetes air mata buatan. Jikalau sangat mengganjal, dapat diberikan tetes mata yang mengandung steroid, namun hendaknya penggunaan obat ini dengan rekomendasi dokter mata saja.

      Pterygium dapat dioperasi (dibuang selaputnya), namun ada risiko untuk terjadinya kekambuhan apabila operasi dilakukan di bawah 40 tahun, masih sering kena matahari, angin/debu, dan teknik operasi yang kurang baik.

      Salam mata sehat,
      Rose

  17. iqa Says:

    selamat siang dok ….

    seminggu yang lalu saya kena sakit mata (belekan) karena ketularan suami saya. dan sekarang baru sembuh, walo masih ada bercak merah dimata. pertama sakit langsung periksa ke dokter umum dan dikasih obat tetes, tp karena merasa tidak ada perubahan saya beli sendiri obat tetes mata cendo xitrol yang kata temen bagus.
    sekarang, setelah sudah lumayan sembuh saya merasa minus saya bertambah, karena menggunakan kacamata yang lama dirasa kabur. bagaimana bisa begitu ya dok? apa mungkin belum sembuh benar jadi ada pandangan yang menghalangi.
    terimakasih sebelumnya.

    1. asisten Says:

      Selamat malam Iqa,

      Penggunaan tetes mata xitrol tanpa rekomendasi dari dokter mata sangatlah tidak dianjurkan. Dalam situasi ini anda seperti bermain judi, menggunakan obat yang syukur2 bisa menyembuhkan. Belum tentu setiap belekan itu penyebabnya sama dan penyakitnya sama.

      Mungkin saja belekannya kena hingga ke kornea, yang tentunya tidak boleh diberikan xitrol sebebasnya karena dapat menimbulkan kekeruhan di kornea yang semakin berat.
      Penggunaan xitrol sesuai indikasi tidak menimbulkan mata kabur/buram.

      Bila penglihatan anda seperti ada yang menghalangi, berarti ada gangguan pada media refraksi. Sebaiknya periksakan mata anda sebelum gangguan itu bertambah berat.

      Salam mata sehat,
      Rose

      1. iqa Says:

        terimakasih dok…
        semalam saya akhirnya periksa ke JEC dan diberi obat tetes mata cendo tobroson dan cenfresh. pemeriksaan minus nya setelah mata benar2 sembuh dari belekan. ga akan lagi menyepelekan penyakit mata karena mata sangatlah penting. mata adalah jendela dunia…

  18. F.M Rifqi Says:

    dok … saya mau tanya … istri saya baru saja melahirkan … anjuran ibu saya , dianjurkan untuk menggunakan obat tetes mata herbal … Katanya bisa mencegah kerabunan pada mata karena darah putih naik ke mata …
    Sebetulnya , kondisi mata ibu yang baru melahirkan bagaimana sih, dok ?

    1. asisten Says:

      Selamat sore Rifqi,

      Sy belum jelas dengan pertanyaan anda. Apakah saat ini, istri anda mempunyai keluhan tentang penglihatannya pasca melahirkan?

      Jikalau tidak ada keluhan, sebaiknya tidak perlu diberikan tetes mata yang tidak diketahui fungsi dan kegunaannya. Kecuali, ada keluhan penglihatan.

      Itupun harus diketahui jenis penyebab gangguan penglihatannya, apakah karena ada perdarahan retina, retina yang sembab karena banyak cairan, retina yang robek atau tekanan bola mata yang meningkat. Apalagi, bila istri anda selama hamil menderita preeklampsia.

      Perlu diketahui, tidak ada istilah medis ‘darah putih naik ke mata’. Mata normal memang sudah memiliki banyak pembuluh darah, dengan isinya darah merah, darah putih, dan lain-lain yang tujuannya untuk mensuplai sirkulasi darah di retina supaya bisa berfungsi melihat dengan baik.

      Saran sy, sebaiknya periksakan terlebih dahulu mata istri anda.

      Salam mata sehat,
      Rose

  19. michael Says:

    Met siang dok, mw nanya mata saya sebelah kiri di warna putih ada spt bubur putih kabur2. klo malam terasa perih.

    Usia saya skr 31 dan belum memakai kaca mata.

    Makasi banyak sebelumnya dok

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Michael,

      Kelainan yang anda keluhkan mungkin pinguekula/pterygium atau adanya tumor jinak di selaput mata. Untuk mengetahuinya secara persis, mungkin Anda bisa mengirimkan foto kondisi mata yang dimaksud ke alamat email sy.

      Salam mata sehat,
      Rose

  20. asisten Says:

    HALAMAN KONSULTASI INI TELAH PENUH.

    SILAHKAN ISI DI HALAMAN KONSUL 4.
    TERIMA KASIH.
    asisten

  21. rere Says:

    dok saya berusia 23 tahun, kmaren pake soflens dan tidak minus, skrang dimata kiri dekat kornea ad behjolan putih seprti jerawat, bahaya ap tidak.. terima kasih. mohon dibantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 62 other followers