Ruang konsultasi online ini disediakan bagi Anda sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat dilandasi itikad baik. Setiap pertanyaan maupun keluhan akan dijawab sebaik mungkin. Apabila ada foto sebagai pelengkap keterangan dapat dikirimkan melalui email: arsimedik@yahoo.com

“Melayani dengan hati & bijak” adalah motto dari ibu dokter pengasuh weblog ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Salam Mata Sehat!

*Saran kami sebagai asisten dari pengasuh weblog konsultasi online ini, bila dilakukan penanganan/pengobatan sendiri tanpa ada konsultasi/pemeriksaan tatap muka/resep dari dokter ahli, bukan tanggung jawab pengasuh weblog ini.

199 Responses to “Konsul 5”

  1. addin Says:

    salam..

    bu dokter, saya mau tanya, saya seorang laki-laki, usia 24, saya punya record pakai kacamata dari tahun 2008. cuman sejak januari 2010 saya sudah tidak pakai kacamata lagi karena saya rasa tidak nyaman dan saat itu saya merasa minus saya tidak terlalu tinggi, terakhir minus mata saya yg kanan 1,25 sementara yang kiri 0,75.

    nah yang jadi masalah, setelah saya bekerja kurang lebih 3 bulan ini, saya sering merasa pusing, karena pekerjaan saya memang senantiasa berada didepan komputer. dan setelah saya periksa ke optik mata mata saya tambah menjadi silinder, yang kanan 180, sedang yang kiri 160. sementara itu minus mata saya berkurang, yang kanan jadi -0,50 sementara yang kiri -0,25.

    yang jadi permasalahan, apa saya harus memakai kacamata lagi atau dengan mengkonsumsi vitamin A dosis tinggi bisa mengurangi minus atau silinder di mata saya,soalnya perawat yang ada di kantor saya menganjurkan seperti itu.

    kira2 4 hari terakhir ini saya sering pusing dan suka merasa perih di mata jika terlalu lama didepan komputer, hal ini mengganggu kinerja dan produktifitas saya .
    saya kira2 sehari bisa sampai 8-9 jam di depan komputer karena memang itu tuntutan pekerjaan, meskipun disela2 kerja saya sering relaksasikan mata saya sekitar 5-8 menit per jam.

    mohon saran dan masukannya.

    terimakasiii

    1. asisten Says:

      Selamat sore Addin,

      Bila ada gangguan penglihatan meskipun sudah memakai kacamata, sebaiknya diperiksakan ulang ke dokter mata agar bisa didapatkan koreksi kacamata yang memang sesuai dengan kondisi matamu.

      Disarankan, bagi pengguna kacamata minimal setahun sekali memeriksakan matanya untuk mengevaluasi bila ada perubahan ukuran atau progresivitas minus.

      Bila dilihat dari penggunaan kacamatamu sejak awal, sepertinya memang tidak cocok ya makanya kamu tidak memakainyha lagi. Mungkin sejak awal memang sudah ada silinder tapi diabaikan. Silinder juga bisa menyebabkan mata pusing, selain tentunya mata kamu mungkin kelelahan karena sering di depan komputer.

      Perih dapat disebabkan oleh mata kering karena jarang berkedip, dan penguapan air mata yang lebih banyak bila didepan komputer.

      Vitamin A fungsinya bukan untuk mengurangi minus, tetapi membantu retina agar berfungsi dengan baik.

      Relaksasi mata berupa sering berkedip dan melihat jauh sangat dianjurkan untuk pemakai komputer. Dengan demikian, mata akan memproduksi air mata dan tidak lelah.
      Salam mata sehat,
      Rose

  2. Dean Says:

    Siang dok,

    Nama saya dean, 20 tahun. mata kiri dan kanan saya minus 7. saya mengalami minus sejak SD, 2,75.

    Sudah 2 tahun ini saya menggunakan lensa kontak dan tidak menggunakan kaca mata lagi.

    Apakah lensa kontak itu berbahaya??
    Sejauh ini saya tidak megalami dampak buruk.

    2 hari yang lalu saya membeli lensa kontak baru. Malam harinya sempat kepala saya terbentur sangat keras. dan terasa pusing. Dan sebelumnya juga mata kiri saya sempat sakit dan merah gara-gara ada sesuatu yang masuk ke mata. Sakit banget. saya memakai obat tetes mata. 2 hari gak masih saja terasa ada sesuatu di mata.

    Saya memakai lensa baru itu. Dan kemarin malam tiba-tiba penglihatan saya jadi aneh. Penglihatan saya menjadi buram padahal sudah memakai lensa. saya mencoba menutup sebelah mata. mencoba mata kiri dan kanan, dan terya mata kiri saya lebih buram. awalnya saya berfikir, lensa kontak saya kotor, maka saya bersihkan. Tapi tetap saja buram. Dan saya juga fikir, kalau softlensenya salah, tdak sama kiri dan kanan. maka saya tukar soflense kiri da kanan. Ternyata masih buram.

    Aneh dok, masa mata kiri saya jadi lebih buram dalam sehari????
    apa penyebabnya???
    dan buramnya naik drastis….

    1. asisten Says:

      Selamat sore Dean,

      Sebelum kepalamu terbentur, matamu sudah mengalami masalah yaitu sakit, merah dan seperti ada benda asing di mata, hal ini menunjukkan ada yang tidak beres di kornea mata. Apalagi disertai buram. Hal ini bisa disebabkan infeksi kornea, dan mungkin juga diperberat dengan benturan di kepala.

      Jangan dibiarkan, segera periksakan ke dokter mata supaya diketahui dengan pasti penyebab buramnya. Terapi yang tepat sejak awal juga sangat menentukan proses kesembuhannya.

      Salam mata sehat,
      Rose

  3. Benny Kesuma Says:

    Salam Dok , Saya mau nanya tentang kesehatan Mata. Istri Saya sering mata sebelah kanannya sakit sebelah katanya seperti ada Cahaya Putih. Bila penyakit itu datang dia sering muntah-muntah. Istri saya juga punya penyakit maag, yang mau saya tanyakan adalah apakah ada hubungan penyakit maag dan sakit mata sebelah. Terus bagaimana menanggungilangi penyakit ini?

    1. asisten Says:

      Selamat sore Pak Benny Kesuma,

      Sakit mata yang disertai mual muntah harus dipikirkan adanya serangan glaukoma karena peningkatan tekanan bola mata.

      Tanda-tandanya biasanya penglihatan buram, mata merah, kesakitan, melihat lampu seperti ada bayangan pelangi, mual, sakit kepala hingga muntah.

      Seringkali keadaan ini disalah tafsirkan sebagai sakit mag atau migrain. Coba Bp arahkan senter ke mata Ibu. Perhatikan apakah kornea mata Ibu lebih keruh daripada mata sebelahnya, dan lihat juga apakah pupil mata (manik mata) lebih besar atau lonjong daripada mata sebelahnya, respon terhadap cahaya juga biasanya akan berkurang.

      Bila Bp temukan tanda tersebut, sebaiknya sesegera mungkin diperiksakan ke dokter mata, oleh karena serangan glaukoma dapat menyebabkan kebutaan secara permanen. Semoga tidak sampai seperti itu.

      Salam mata sehat,
      Rose

  4. Widya Says:

    sore dok,
    sy mau tny seputar kesehatan mata, anak saya laki2 umur 4 th mata sebelah kiri suka berkedip2 gk teratur, seperti ada yg mengganggu penglihatannya….tp tdk merasa sakit atau pedih…sy siy blm periksa lgsng kr dokter mata….mohon infonya semoga bermanfaat buat saya.
    terimakasih

    1. asisten Says:

      Selamat sore Ibu Widya,

      Sejak kapan mata anak ibu berkedip-kedip?

      Bila baru-baru ini, yang harus dicurigai adalah adanya benda asing bisa berupa debu, atau pasir yang mungkin masuk mata. Benda asing ini akan memberikan rasa mengganjal, sehingga anak secara refleks akan mengedipkan matanya.

      Usahakan secepatnya membawa ke dokter mata ya Bu, karena takutnya anak akan mengucek-ngucek mata sehingga bisa timbul luka.
      Salam mata sehat,
      Rose

  5. Chi Neno Says:

    Selamat sore dokter,
    sebelumnya salam kenal nama ku wulan dok , ada yang aku mau tanyakan kepada dokter.
    dok, kenapa ya aku sering sekali mengalami bintitan, dan bintitan yang sekarang sedang aku alami adalah bintitan ku yang ke-12 kali.
    jadi bintitan ku ini sangat aneh dok, bintitan ku ini tidak pernah pecah , bintitan ku ini hanya mengempes dan pasti 1 minggu kemudian akan muncul kembali .
    dan itu terjadi amat sangat rutin dok, setelah kempes lalu 1 minggu kemudian pasti akan muncul kembali .
    dan yang ingin aku tanyakan :
    1. Sebenarnya ini bintitan atau bukan ya dok, kenapa tidak pernah pecah?
    2. Apa yang harus aku lakukan ya dok, karena jujur aku belum pernah sekalipun ke dokter untuk menyembuhkan bintitan?
    3. Dan apa penyebab nya ya dok, dan jujur saya selalu menjaga kebersihan tangan dok?

    Mohon jawabanya ya dok,
    Terimakasih .

    1. asisten Says:

      Selamat sore Wulan,

      Bintitan memang sering timbul bila sejak awal tidak mendapatkan penanganan yang tuntas. Memang tidak semua bintit akan pecah, banyak juga kok yang sembuh sendiri.

      Penyebabnya adalah infeksi kuman di kelenjar daerah kelopak mata kita. Hal ini bisa dipicu oleh beberapa keadaan seperti tangan yang suka mengucek-ngucek mata, menderita mata kering, sering terpapar angin atau debu, dan mungkin juga kamu menderita alergi.

      Kurangi konsumsi telur. Sebaiknya periksakan ke dokter mata. Kadang-kala perlu dikeluarkan isi bintit itu agar tidak kumat-kumatan lagi.

      Salam mata sehat,
      Rose

  6. ariz cublix Says:

    met siang menjelang sore..
    saya mau brtanya,dok!
    mertua saya brumur 50an brawal matanya klilipan trus mmbengkak dan jadi merah juga sakit..sudah dikasih tetes mata boorwater,sminggu kemudian dhitam2 matanya ada putih2 mirip putih telur..itu kenapa ya,dok?..apa ada gejala lain?..mohon penjelasannya,dok!!
    terima kasih n salam mata sehat

    1. asisten Says:

      Selamat sore Ariz,

      Dari gejala yang disebutkan, mungkin ada infeksi/borok di kornea mertua Anda. Segera bawa ke dokter mata, oleh karena bila luka tersebut dalam dan tidak segera diobati, dapat menimbulkan jaringan yang rusak permanen yang mengganggu penglihatan.

      Salam mata sehat,
      Rose

  7. Jennifer Says:

    Dok,mau tanya,saya kan post LASIK,dan skarang penglihatan sudah ok (dulu memakai soflen).Yang mw saya tanyakan,skrg kan beredar soflen yg utk tujuan kosmetis seperti efek perbesar kornea.Namun anehnya setiap memakai itu,saya merasa beda yg bercahaya lbih berpendar,ada seperti “halo”.Dan saat dilepas,penglihatan aga sedikit krg enak ,harus tunggu bbrp saat baru penglihatan balik normal…..apakah itu hanya efek dari “iris tambahan” soflen tsb?krn sbelumnya saya pakai soflen bening dan tdk ad mslh.
    1.Apakah post LASIK sy boleh menggunakan soflen utk tuj kosmetik?
    2.mengapa bisa timbul halo dan buram saat menggunakan soflen warna itu?apakah normal?
    3.apa solusinya…thx

    1. asisten Says:

      Selamat sore Jennifer,

      Sayangilah kornea kamu yang sudah di LASIK (sudah lebih tipis dan saraf-saraf di kornea banyak yang sudah kurang sensitif, serta kondisi mata yang biasanya lebih kering), jangan diperparah lagi dengan memasang softlens yang jelas-jelas dari awal kamu memakai saja sudah menimbulkan masalah.

      Buram dan halo bisa ditimbulkan karena efek penekanan softlens pada kornea. Sekarang kan penglihatanmu sudah normal, kalau kamu pasang softlens lagi mesti tidak ada ukurannya, kan tetap memberi efek penekanan terhadap kornea, dan mungkin bahan material softlens tersebut memiliki indeks bias yang berbeda dengan kornea, sehingga menim,bulkan efek halo.

      Salam mata sehat,
      Rose

  8. Dinda Says:

    siang dok,,,

    saya dinda…
    saya mempunyai penyakit mata (mata minus), dulu saya pake kacamata tp selama pake kacamata minus mata saya bertambah,,, terus saya ganti dengan softlens, selama saya menggunakan softlens mata saya sedikit berkurang di banding pke kacamata.
    Yg mau saya tanyakan ada gag sih efek dari softlens dan softlens apakah yg layah di pakaii????

    makasi dok,

    salam mata sehat
    dinda

    1. asisten Says:

      Selamat sore Dinda,

      Penggunaan softlens merupakan alternatif pilihan alat bantu untuk penglihatan. Tujuannya untuk mendapatkan penglihatan yang jelas tanpa perlu memakai kacamata yang buat beberapa orang merupakan masalah karena alasan kosmetik, berat, kurang keren. Selama penggunaan softlens dalam batas aturan yang diberlakukan , bisa menjaga kebersihan dan kondisi mata tidak kering/tidak infeksi, softlens aman dipergunakan. Namun bila ada masalah seperti mata kering, infeksi di kornea, memang masalahnya bisa jadi berat oleh karena bila ada infeksi di kornea, bisa menimbulkan jaringan parut yang menetap. Penyembuhannya juga memerlukan waktu yang lama.
      Pakailah softlens yang memang direkomendasikan, merk bagus dan terbukti secara tahunan bertahan di pasaran.

      Salam mata sehat,
      Rose

  9. Mohamad Says:

    doktor, nama saya mohamad…….
    umur saya 13 tahun….
    mata saya juling …
    kalau saya pakai lensa mata, boleh tak ia menghilangkan mata juling……
    boleh tak kalau orang nampak normAL SAJA…..

    1. asisten Says:

      Selamat sore Mohamad,

      Bisakah Mohamad menyertakan foto kondisi mata saat melihat ke depan, samping kiri kanan, atas bawah, dan ujung kanan atas, kiri atas, kanan bawah, kiri bawah agar saya bisa lebih jelas melihat kondisi julingnya Mohamad?

      Salam mata sehat,
      Rose

  10. Lexya Says:

    Met sore bu’nama sya lexya.umr sy 19th,mata sy min,1.25 n bru2 ne sy mncb mmbli kcmata yg bkan dri dkter mata,pi dr pnjual yg biasa,coz lw mw bli yg dri dkter biayana blm trjangkau bu,hehehe,yg mw sy tnyakan,ad efek smping ga bwt mata klu pakai kcmata yg bukan dr dkter?,Terima kasih bu’ atz jwbn na..

    1. asisten Says:

      Selamat sore Lexya,

      Banyak kacamata yang harganya tidak mahal namun berkualitas. Saya sarankan tetap memakai ukuran kacamata dari hasil pengukuran dokter mata. Selain dokter tahu ukuran kacamata, dokter juga dapat secara detil dan konsisten mengevaluasi (mengikuti perkembangan) kondisi mata kamu. Resep dari dokter mata dapat dipergunakan untuk membeli segala jenis kacamata dari harga paling murah hingga mahal.
      Mudah-mudahan yang sudah dibeli cocok di mata Lexya, oleh karena kalau tidak cocok, bisa menimbulkan keluhan mata lelah, pusing, sakit kepala, mual dan lain-lain.

      Salam mata sehat,
      Rose

  11. gunawan Says:

    dok, saya mau tanya..di internet saya menemukan tentang kaca mata pinhole. apakah metode menggunakan kaca mata ini sudah teruji secara ilmiah n dapat dipercaya
    terima kasih atas jawabannya

    1. asisten Says:

      Selamat sore Gunawan,

      Kacamata yang memberikan efek pinhole tersebut dapat dipergunakan oleh orang-orang dengan minus yang masih kecil, oleh karena efek mengintip membuat fokus lebih tajam, tetapi pada orang-orang dengan minus yang tinggi, efek pinhole tersebut malah menimbulkan buram.
      Jikalau memang terbukti secara ilmiah, tentunya semua optik hanya menjual kacamata seperti tersebut bukan?

      Salam mata sehat,
      Rose

  12. sinju Says:

    sore bu,
    saya mao tanya..
    dolo saya memakai soflen…
    kemudian saya berhenti karena tidak cocok dengan mata saya (seperti ada belek dimata) and setelah seperti itu dibola mata saya yg hitam ada lingkaran lg + pupil mata saya sering gatal and perih, sampai kadang2 mata saya memerah…
    kira2 itu knp y dok?

    mohon bantuan penjelasan
    thx.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Sinju,

      Mata gatal, perih dan merah menunjukkan adanya iritasi mata karena mata kering yang ditimbulkan oleh penggunaan softlens. Bila berlanjut dapat menjadi infeksi di kornea (mata hitam yang kamu maksudkan).
      Jangan dibiarkan saja, tetapi periksakanlah pada dokter spesialis mata untuk menghindari terjadinya infeksi pada matamu.

      Salam mata sehat,
      Rose

  13. Zumrotun Says:

    Salam dok, saya mau tanya d dlm kelopak mata kanan sy ada benjolan tp tdk sakit udh 1th kadang kecil kadang membesar,skrg mata yg kiri juga ada kira2 mata sy kenapa ya dok??makasih

    1. asisten Says:

      Selamat sore Zumrotun,

      Mungkin benjolan tersebut adalah kalazion (peradangan kronis dari kelenjar minyak di mata kita). Isinya adalah nanah. Bila kondisi mata kita kotor/kering/ada iritasi, biasanya benjolan tersebut dapat membesar. Jikalau hendak menghilangkannya, memang harus dikeluarkan isinya dengan cara operasi minor yang layaknya dilakukan oleh seorang dokter spesialis mata.

      Salam mata sehat,
      Rose

  14. Raden Radsank Says:

    Ass. Wr. Wb.
    Saya mau nanya, istri saya umur 40 tahun. Mempunyai penyakit maag, asma dan ambein.
    Sejak awal saya menikah sampai saat ini tidak ada keluhan untuk kesehatan mata. Namun sekarang sudah hampir empat bulan, mata istri saya jika melihat pada siang hari utamanya adanya terang sinar matahari menjadi sulit. Silau sekali hingga hampir-hampir tidak dapat digunakan untuk melihat. Sudah saya periksakan ke dokter, dimana informasi yang saya terima adalah kekurangan vit. dan serat. Sudah kami lakukan saran dokter namun sampai saat ini tidak ada perkembangan yang berarti. Maaf kira-kira penyakit mata apa yang di alami istri saya dan bagaimana penanganannya.
    Terima kasih.
    Wass. Wr. Wb.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Bapak Raden,

      Keluhan melihat silau saat melihat terang sinar matahari menandakan adanya gangguan pada media refraksi kita (bisa di kornea, cairan mata, lensa) atau di retina. Gangguan tersebut bisa karena ada benda asing, mata kering, tumbuh selaput, infeksi atau katarak. Bila disertai mata merah, berair, ada kotoran, sakit kepala, mungkin ada infeksi di media refraksi tersebut.
      Apakah sudah diperiksa oleh dokter spesialis mata? Saran saya, periksakan lagi ke dokter spesialis mata yang Bpk percaya, agar didapatkan jawaban pasti penyebab silau tersebut.

      Salam mata sehat,
      Rose

  15. vicktor Says:

    Selamat pagi dok,

    Saya mau konsultasi, hari jumat kemarin waktu bangun tidur saya mengucek mata sebelah kiri saya (agak gatal waktu itu). Lalu begitu saya mandi, saya menyadari mata sebelah kiri saya menjadi merah. Lalu saya diamkan beberapa saat, dan kemerahan tsb perlahan hilang. Tetapi sore nya saya menyadari kemerahan pada mata saya seperti menjadi satu. Lalu sepertinya kemerahan ini perlahan bergerak mendekati tengah2 mata (saya inget percis tadinya ada di sebelah pojok kiri bawah mata saya).

    Sekaran sudah hari senin (sudah 3 hari sejak mata saya merah) masih belum hilang juga kemerahan pada mata saya.

    Pertanyaan saya, apa hal ini berbahaya dok?? Secara saya tidak merasakan keanehan (seperti gatal / perih) pada mata saya. Jika harus berobat kira2 biaya nya berapa??

    Terima kasih,
    Vicktor

    Salam mata sehat.

    1. asisten Says:

      Selamat malam Pak Vicktor,

      Mata kiri yang merah tanpa disertai gatal, perih atau ada kotoran kemungkinan besar adalah adanya luka/perdarahan akibat kucekan yang terlalu keras di mata. Perdarahan di bawah selaput bening mata tersebut tidak berbahaya. Biasanya akan meresap sendiri dalam waktu 10-14 hari. Sebaiknya hindari kebiasaan mengucek mata. Bila ada keluhan mata, periksakan ke dokter mata. Biaya berobat berupa biaya konsultasi dokter spesialis (harga sangat bervariasi tergantung tempat pemeriksaan) dan obat mata sesuai dengan kelainan yang ditemukan saat pemeriksaan.

      Salam mata sehat,
      Rose


  16. Ass. Wr. Wb.
    Perkenalkan saya heksa saya seorang murid SMA begini dok saya mempunyai penyakit mata tidak sembuh -sembuh sejak kelas 3 smp semester 2 sampai kelas 2 semester 1 mata saya gatal bila sering bertatap layar dengan tv,komputer,hp dan pada bagian mata ada selaput putih pada pingir yang berwarna hitam. saya sudah berobat sudah ke dokter,rumah sakit, pakai obat tradisonal tetap tidak sembuh sembuh pertanyaanya :
    1. apa penyakit mata yang saya derita?
    2. mengapa penyakit mata saya sulit disembuhkan
    3. obat apa yang dapat menyembuhkan penyakit mata saya?

    Salam mata sehat,
    Heksa Regita Pratama

    1. asisten Says:

      Selamat malam Heksa,

      Sebaiknya Heksa sertakan foto mata dengan fokus pada selaput putih di pinggir kornea, supaya saya bisa lebih jelas melihat masalah yang ada pada mata Heksa. Bisa kirimkan foto tersebut email: arsimedik@yahoo.com.
      Salam mata sehat,
      Rose

  17. Kinan Says:

    Selamat malam dok,
    saya baru mencoba memakai softlense 1 sampe 3hri mata saya biasa saja,ga merah,ga pegal ga pedih . .
    Tapi swaktu saya pergi ke tmpt yang full aC dg mgnakan softlnse lgsg mata kanan saya memerah tapi hanya sebagian/separuh saja dari mata . .
    Buat berkedip pegal , apa karna saya usap terlalu keras?

    1. asisten Says:

      Selamat malam Kinan,

      Bila kita berada di ruangan ber AC, air mata kita cenderung lebih cepat menguap sehingga mata lebih kering daripada biasa. Kulit kita saja cepat kering kalau berada dalam ruangan yang dingin, apalagi mata kita. Ditambah lagi penggunaan softlens yang menghalangi air mata membasahi kornea kita, sehingga mata lebih kering lagi. Akibatnya, iritasi mata lebih cepat terjadi. Iritasi tersebut gejalanya dapat berupa mata merah, rasa mengganjal, perih hingga infeksi. Hentikan penggunaan softlens tersebut dan sebaiknya periksakan ke dokter mata supaya mata anda tetap sehat.

      Salam mata sehat,
      Rose

  18. ari Says:

    met malam dok..
    saya punya anak laki2 umur 6 th,menderita strabismus dan skrg menggunakan kacamata kiri +4,50 cyl -2,25 dan kanan +4,50 cyl -2,50 (mengunakan kacamata sejak umur 4th)
    pertanyaannya :
    1. apakah mata anak saya bisa sembuh total/minimal membaik (berkurang plus/cyl nya)?
    2.

  19. ari Says:

    met malem dok,
    perkenalkan nama saya ari.
    saya punya anak umur 6 th menderita strabismus dan dari umur 4 th memakai kacamata (periksa terakhir kanan +4,50 cyl -2,25 dan kiri +4,50 cyl -2,50).
    pertanyaan saya:
    1. apakah mata anak saya bisa kembali normal / minimal berkurang plus nya?
    2. apakah ada terapi yg bisa anak saya jalani?
    3. apakah dgn lasik anak saya bisa sembuh?dan pada umur berapa diperbolehkan lasik?

    trmksh banyak dok

    1. asisten Says:

      Selamat malam Ibu/Bapak Ari,

      Perkembangan fungsi mata pada seorang anak optimal hingga usia 6 tahun. Jikalau ada gangguan perkembangan yang terjadi sebelum usia tersebut dan tidak segera diatasi, maka bisa terjadi beberapa penyulit seperti mata malas/ambliopia, mata juling (strabismus), hingga kebutaan. Umumnya mata juling sering dialami anak-anak dengan mata plus dan silinder. Namun, hal ini harus dibedakan dengan juling karena gangguan gerak otot bola mata atau ada kelainan saraf penggerak otot bola mata.
      Kemungkinan mata plus berkurang ukurannya masih dapat terjadi hingga anak mencapai usia dewasa. Namun, bila disertai dengan juling, maka biasanya juling tersebut permanen.

      Apakah juling yang diderita anak ibu terjadi pada satu mata atau kedua mata? Dan apakah dengan koreksi kacamata tersebut di atas, posisi mata bisa lurus? Bila salah satu mata yang juling, bisa dilakukan terapi patching yaitu dengan menutup mata yang sehat selama beberapa jam setiap hari, sehingga memberikan kesempatan kepada mata yang lemah untuk mendapatkan penglihatan yang kebih optimal. Jikalau dengan kacamata, posisi mata tidak bisa lurus, maka mungkin akan dipertimbangkan operasi untuk meluruskan bola mata.

      Lasik dianjurkan pada pasien dewasa di atas 18 tahun, dengan refraksi yang sudah stabil minimal 3-6 bulan.
      Salam mata sehat,
      Rose

  20. meriyantirobert Says:

    slamat malam dok,
    saya punya anak umur 6 thn baru 2 ini divonis mata kiri amblyopia minus 6 trus mata kanan normal jd disarangkan utk coba memakai kontak lens minus 5,5 diameter 11-12 tlnf infonya dok utk amblyopia dan apa bisa sembuh dok

    trims sebelumnya dok,salam

    1. asisten Says:

      Selamat malam Ibu Meriyantini,

      Ambliopia yang dialami anak ibu disebut sebagai Anisometropic Amblyopoia, yaitu ambliopia yang timbul karena ketidakseimbangan refraksi antara mata kanan dan kiri. Umumnya mata minus tinggi yang terjadi hanya pada salah satu mata (-6D) dapat menimbulkan ambliopia anisometropia. Seringkali ambliopia tipe ini terlambat dideteksi hingga memasuki usia sekolah oleh karena biasanya mata yang normal mengambil alih fungsi penglihatan, sehingga mata yang lemah semakin lemah dan akhirnya menjadi mata malas. Mata yang mengalami ambliopia tersebut memang harus diberikan koreksi kacamata/lensa kontak agar membantu fungsi penglihatan. Evaluasi keberhasilan terapi dilakukan secara berkala, dan memang hasilnya sangat bervariasi tergantung kasus.

      Salam mata sehat,
      Rose

  21. kristi Says:

    selamat pagi dok,,
    dok saya kristi usia 21 tahun, 3 minggu yang lalu saya menjalani insisi mata kiri karena adanya kalazion.setelah insisi mata saya bengkak di beberapa titik di mata saya.lama-lama bengkaknya berangsur2 mengempes,,namun ada 2 buah benjolan di kelopak mata kiri saya yang tidak mengalami pengempesan post-insisi tersebut.benjolan yang satu tampak seperti kalazion yang tidak terambil dengan baik karena sebelum insisi juga benjolan itu sudah ada,sedangkan benjolan yang kedua tampak merah dan besar serta nyeri bila ditekan atau berkedip padahal sebelum insisi benjolan besar itu tidak ada sama sekali.yang saya ingin tanyakan adalah benjolan kedua.
    1.sebenarnya benjolan kedua itu kenapa ya dok?
    2.apakah itu muncul akibat dari proses insisi yang salah atau kurang baik?atau karena apa?
    3.ada dokter yang bilang kalo benjolan itu mungkin adalah kalazion yang muncul lagi,,tapi anehnya masak hanya dalam waktu tiga minggu sudah bisa tumbuh kalazion yang sebesar itu?apakah itu wajar dok?
    4.dan bagaimana penanganannya?
    Terimakasih banyak dokter..

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Kristi,
      Benjolan yang kedua yang kamu maksud mungkin hordeolum, bukan kalazion (benjolannya tenang, tidak merah, tidak sakit karena merupakan radang kronis). Hordeolum gejalanya akut, ada merah, sakit dan rasa mengganjal. Bisa muncul sebelum incisi, tapi bisa juga muncul pasca incisi. Saya tidak mungkin menebak hal ini, kecuali saya yang memeriksa kondisi kelopak mata anda saat pertama. Terapi hordeolum adalah lakukan kompres hangat pada benjolan tersebut, berikan antibiotika salep mata/tetes mata. Harus diperhatikan faktor pencetus terjadinya infeksi hordeolum/kalazion pada mata, apakah memang ada fokal infeksi di kelopak mata, mata kering, atau sering mengucek mata.
      Salam,
      Rose

  22. mulyadin Says:

    selamat siang Dok
    Pada kelopak mata atas sebelah kiri tepat di atas alis terdapat benjolan kecil kira2 sebesar beras, posisinya di bawah jaringan kulit sehingga tidak terlihat kasat mata namun jika di raba baru terasa karana itulah saya tidak tahu benjolan itu ada sejak kapan namun baru saya sadari kira2 satu bulan yg lalu. Benjolan ini tidak terasa sakit jika di sentuh bahkan tidak menggangu sama sekali dan ukurannya pun tetap tidak ada perubahan namun saya kawatir benjolan ini bisa berbahaya bagi mata saya, bagaimana menurut dokter terimakasih.

    1. asisten Says:

      Selamat malam Bapak Mulyadin,

      Biasanya benjolan yang bapak maksud adalah timbil/bintit yang masih tersisa di kelopak mata. Keadaan tersebut tidak berbahaya. Namun bila Bapak kuatir, dapat memeriksakan ke dokter mata. Untuk menghilangkannya, dapat dilakukan operasi kecil untuk mengeluarkan “mata” beserta sisa nanah di dalamnya.
      Salam mata sehat,
      Rose

      1. mulyadin Says:

        mungkin memang sebaiknya saya periksakan langsung ke dokter mata.
        Terimakasih banyak atas jawabannya dok selamat siang.

  23. intan Says:

    Halo dokter.
    Saya seorang remaja berumur 17tahun.
    Karena sering tidur larut malam,
    kantong mata saya jadi membesar dan berwarna hitam.
    Bagaimana cara mengatasinya dok?
    Terimakasih.

    1. asisten Says:

      Selamat malam Intan,
      Ukuran kantong mata memang bervariasi secara individual. Saran saya, cukup tidur dan boleh mengompresnya dengan air dingin/timun dingin.

      Salam mata sehat,
      Rose

  24. novita Says:

    Dok, salam kenal…
    sy mata minus 11.75 n silinder 1.5
    mau menjalani phakic.yg sy ingin tnykan apakah phakic beresiko? apakah dpt dipakai seumur hidup? bagaimana jika minus mata nambah? lalu apakah stlh phakic masi ada resiko ablatio retina?
    thx dok

    1. asisten Says:

      Selamat malam Novita,

      Mata minus umumnya tidak bertambah lagi setelah dewasa. Sayangnya anda tidak mencantumkan usia anda. Setiap prosedur operasi pasti ada risikonya. Lensa yang ditanam sifatnya inert, dapat dipakai seumur hidup.

      Risiko ablatio retina biasanya ditemukan pada mata minus tinggi, retina yang mengalami gangguan (bisa degenerasi, berlubang, atau ada robekan), pernah mengalami trauma mata, atau pernah mengalami ablatio pada mata sebelahnya. Selama memiliki faktor risiko tersebut, setelah phakic, risiko ablatio retina tetap ada.

      Salam mata sehat,
      Rose

  25. Sistha Says:

    Selamat malam dokter,

    Saya Sistha. Umur saya 17 tahun. Saya berencana ingin beralih dari memakai kacamata ke softlens namun saya agak ragu. Apakah memakai softlens harus berkonsultasi ke dokter dulu? Dan saya sering mendengar dari orang-orang sekitar bhw memakai softlens itu berbahaya, apa itu benar? Apa pengaruh baik dan buruknya softlen untuk mata? Dan softlen yang terjamin mutunya apa yah dokter? Ini pertama kalinya buat saya, dan saya sangat hati-hati dengan keadaan mata saya takut akan terjadi apa-apa nantinya. Mohon saran dan jalan keluarnya yah dokter.

    Terima kasih.

    1. asisten Says:

      Selamat malam Sistha,

      Untuk menggunakan softlens, sebaiknya memang konsultasikan dulu ke dokter mata. Karena penggunaan tanpa disertai pemahaman yang benar, biasanya menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan mata. Saya sudah pernah menjelaskan keuntungan dan kerugian penggunaan softlens, bisa dibaca pada konsultasi-konsultasi sebelumnya.
      Salam mata sehat,
      Rose

  26. Hanssen Limada Says:

    Dok, Anak saya pada umur 5 tahun mengalami kesulitan untuk melihat jauh, dan pada saat nonton tv matanya di sipitkan menjadi kecil seakan2 silau. dan setelah di periksa ke optik. dengan hasil matanya mengalami minus 150, plus 75, dan prisma 50. mohon penjelasa dari dokter untuk hal2 sebagai berikut :
    1. Penyebabnya apa ?
    2. apa yang harus dilakukan supaya penglihatannya normal kembali?
    3. konsumsi makanan yang disarankan untuk membantu kesembuhan tersebut?

    Terima kasih banyak atas penjelasannya. God Bless

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Bapak Hanssen,

      Kebiasaan menonton TV jarak dekat, memicingkan mata, memiringkan posisi kepala, mendekati objek yang ingin dilihat secara dekat, merupakan tanda yang harus diwaspadai oleh orang tua pada anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan. Sayangnya bp kurang jelas memberikan informasi ukuran kacamatanya untuk mata kanan berapa, kiri berapa. Karena dari informasi yang Bp berikan, tidak mungkin minus dan plus bergabung pada satu mata. Sedangkan ukuran prisma biasanya diberikan pada anak yang mengalami mata juling.

      Jikalau dengan pemberian kacamata, penglihatan anak Bp bertambah baik, kebiasaan menonton dekat menjadi berkurang dan hasil evaluasi oleh dokter mata ada perbaikan, maka sebaiknya kacamata terus diberikan dan dilakukan kontrol mata setiap 6 bulan di dokter mata. Makanan tidak bisa menyembuhkan mata minus atau plus. Namun, mengkonsumsi banyak sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A, C, E dan antioksidan, sangat membantu memelihara kesehatan retina, saraf dan sirkulasi darah di sekitar mata.

      Salam mata sehat,
      Rose

  27. huda Says:

    selamat siang dokter!!!

    saya huda.umur saya 21 tahun,mata saya minus 0,25!! mata sebelah kiri saya sering aekali bengkak(seperti orang habis nangis semalaman),dan waktu penyembuahannya lama sekali sekitar 1minggu baru sembuh.dan sekarang bengkak lagi dok!!Yang saya tanyakan;
    1.itu disebabkan oleh apa ya dok??
    2.trus cara pengobatannya dengan apa??
    Mohon saran dan jalan keluarnya yah dokter.

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Huda,

      Huda bisa mengirimkan foto sebelum dan sesudah bengkak ke arsimedik (at) yahoo.com, supaya saya bisa menganalisa lebih baik kondisi mata Huda.

      Beberapa penyebab mata bengkak adalah karena faktor alergi pada mata, sinusitis, sumbatan pada hidung, adanya tumor, sakit gondok yang mengenai mata, dan lain-lain. Oleh karena itu, sangat perlu dievaluasi faktor penyebab mata bengkak yang dialami Huda. Dengan mengetahui penyebab, maka pengobatan akan lebih tepat sasaran. Saran saya, konsultasikan ke dokter spesialis mata dan jangan biarkan hal ini berlarut-larut.

      Salam mata sehat,
      Rose

  28. Afif Says:

    Dok,saya umur 14 tahun belum periksa ke dokter mata.Tapi ketika saya melihat huruf ishihara saya tidak bisa membacanya.Apakah saya mengidap buta warna?dari SD saya selalu bsa melihat hruf Ishihara tapi stelah baru sya lihat lagi sya jadi tidak bisa melihatnya.

    Trimakasih..

    1. asisten Says:

      Selamast pagi Affif,

      Saya salut dengan kamu yang sedari kecil sudah mengenal huruf Ischihara. Tes ini terutama ditujukan untuk mengetahui adanya gangguan pada penglihatan warna hijau merah, yang mayoritas memang diderita oleh orang buta warna sejak lahir (congenital). Namun, tidak tertutup kemungkinan orang yang mengalami masalah di retina atau saraf mata (nervus optikus) juga akan mengalami gangguan penglihatan warna, sehingga sewaktu dilakukan tes Ischihara, orang tersebut tidak bisa melihat angka-angka tersebut dengan tepat lagi.

      Apakah Affif pernah mengalami riwayat sakit pada mata saat melirik, mengalami penglihatan buram dan kecerahan yang berbeda? Coba Affif lakukan tes tersebut kembali dengan menutup salah satu mata secara bergantian, apakah terdapat perbedaan?
      saya tunggu kabarnya.

      Salam mata sehat,
      Rose

  29. jimmy Says:

    halo dok
    ada yg mau saya tanyakan (saya berumur 20th)
    saya pernah baca di internet, kalau mata juling itu sebenernya ada sejak kecil, ada yg nampak saat kecapekan.
    mata saya itu sejak kecil itu normal banget, bahkan sampe beberapa bulan lalu (normal disini maksudnya ga juling) tapi mata saya itu 2-2nya minus n silinder sejak sma (cuman saya baru make kaca mata setaun yang lalu)

    krn makin parah, akhirnya saya buat kaca mata di optik
    di periksa di optik dptnya ini (saya ga periksa lewat dokter}
    R/OD -0.75 c -0.75 x 180
    L/OD – 1.00 c-0.75 x 20
    PD 60/00

    oh iya, kaca mata ini jarang saya pake, cuman saya pake klu ada kuliah aja

    tapi beberapa bulan lalu (4 bulanan}, saya sering make kacamata ini (cuman saya lepas pas tidur}.
    dan puncaknya pas beberapa minggu yg lalu, saat foto ktp , ternyata mata kiri saya juling ke kiri atas
    dan ternyata pas saya liat ke cermin, mata kiri saya emang rada juling, apalagi klu liat jauh (pake kaca mata juga ga ngefek)
    padahal sebelumnya ga pernah kyk gini
    bahkan dalam keadaan capek (saya atlit jujitsu}

    apa ini efek gara2 make kaca mata?
    trus nyembuhinnya gimana ya dok selain pembedahan? ada terapinya kah?
    trus klu dibiarin apa bisa kena mata malas?

    segitu aja dok, makasih

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Jimmy,

      Apakah Jimmy pernah mengalami benturan atau jatuh mengenai daerah kepala, mata dan sekitarnya? Jimmy bisa mengirimkan foto dengan melirik ke 9 posisi, yaitu menghadap depan, melirik ke samping kanan, kanan bawah, kanan atas, melihat ke tengah atas, tengah bawah, samping kiri, kiri bawah, kiri atas.

      Kirimkan ke arsimedik@yahoo.com. Kemudian apakah dengan kacamata tersebut, Jimmy bisa melihat huruf yang sangat kecil saat tes mata tersebut dilakukan? Bisa juga Jimmy sertakan foto normal waktu tidak juling.

      Salam mata sehat,
      Rose

  30. Ari Tri K. Says:

    Selamat malam dr. Rose Setiawan, SpM., MSc

    Dokter saya punya kakak sepupu usianya sekarang 42 thn dimata kirinya terlihat ada bercak putih yang menutupi retina matanya. Tapi dia bilang kalau buat lihat masih jelas cuma seperti terasa ada selaputnya. Wkt usia 5 thn matanya sering berair. Kalau saya melihat foto kakak wkt msh muda tdk terlihat adanya bercak putih tapi foto yang terbaru terlihat jelas. Apa kakak saya sakit KATARAK Dok. Akan saya kirimkan foto kakak sepupu saya via email. Mhn bantuan dokter sebelumnya terima kasih.

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Bapak/Ibu Ari,

      Setelah melihat foto yang dikirimkan, saya pastikan itu bukan katarak, tetapi bekas luka yang mengenai kornea mata kita. Penyebabnya macam-macam, mungkin dulu pernah kelilipan, atau pernah infeksi, atau ketusuk, atau tergores sesuatu. Yang jelas, kondisi ini pasti mengakibatkan gangguan penglihatan. Harus diketahui penyebabnya apa. Untuk menghilangkan yang putih-putih tersebut, bisa dilakukan cangkok kornea, yaitu kornea yang putih tersebut diambil kemudian dicangkok dengan kornea yang masih sehat.

      Salam mata sehat,
      Rose

      1. Ari Tri K. Says:

        Selamat pagi dr. Rose Setiawan, SpM., MSc

        Dok klu boleh tahu kira2 biaya cangkok kornea berapa ya? Trs u/ cangkok kornea apa bisa dicangkokkan dari mata kakak yg sebelah kiri atau hrs dari pendonor mata? Terima kasih atas bantuanY

  31. Diana Says:

    selamat malam dok..
    saya mau konsultasikan mata saya.
    2 minggu yang lalu saya jatuh dan mata saya bengkak seperti abis kena pukulan.
    sekarang merah dan bengkak dimata saya sudah jilang,namun sering saya rasakan di pojok mata saya seperti ada cahaya atau gelembung air yang naik turun…
    apa itu, mohon petunjuknya.
    terimakasih

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Ibu Diana,

      Tanda adanya cahaya (seperti kilat) dan adanya gangguan penglihatan seperti ada gelembung air atau ada tirai yang menutup, harus sesegera mungkin diperiksa ke dokter mata ahli retina.

      Karena saya kuatir ada retina ibu yang terlepas oleh karena trauma/luka yang ditimbulkan akibat ibu jatuh 2 minggu yang lalu. Bila masih ringan, bisa disuntik gas, tetapi seringkali membutuhkan operasi untuk melekatkan retina kembali. Tindakan ini harus segera dijalani, oleh karena bila dibiarkan terus akan mengakibatkan penglihatan semakin buram dan bisa mengakibatkan kebutaan.

      Salam mata sehat,
      Rose

  32. francisca Says:

    Saya perempuan, 23 thn, pengguna soflen..
    Ingin menanyakan,mata kanan saya menjadi buram, saya sudah konsul ke dktr mata dan dberi obt albuvit + salep mata + dilarang pake soflen slama 2-3 mnggu..awalnya mata saya merah, tp saya paksakan menggunakan soflen, tp lama2 jadi skt lalu mncul seperti titik putih di bola mata dan penglihatan jd buram..¥αŊg saya mau tanyakan apakah bs sembu?dan penyebabnya knapa..trima kasih

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Fransisca,
      Adanya bercak keputihan di bola mata hitam (kornea) menandakan adanya infeksi di kornea (istilah medisnya keratitis). Penyebabnya macam-macam, bisa karena bakteri, jamur, parasit. Infeksi ini sering mengenai pengguna soft lens. Kornea harus selalu jernih karena berfungsi sebagai media refraksi. Bila ada kekeruhan, maka penglihatan akan menjadi buram.
      Bila sudah ada infeksi, maka harus segera diatasi agar tidak semakin luas dan dalam lukanya. Bila parah bisa menimbulkan bekas yang permanen.
      Hentikan pemakaian softlens karena akan semakin memperberat infeksi.

      Salam,
      Rose

  33. mia magdalena Says:

    selamat pagi dok..
    saya berumur 17 thn..
    mata kiri & kanan -3,,
    saya baru prtma kali pakai softlens..
    yg ingin saya tanya.kn,,
    knpa ya dok,
    penglihatan saya menjadi berbayang dan agak pusing..

    ukuran softlens saya di turunkan menjadi -2,5..
    emg hrus gtu ya dok ??

    trma kasih sblum nya..

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Mia,
      Penglihatan berbayang dan pusing yang kamu alami mungkin karena ukuran softlens yang kurang cocok atau bisa juga karena pemakaian yang kurang tepat di mata. BIasanya ukuran softlens memang lebih kecil daripada ukuran kacamata, oleh karena jarak softlens ke bola mata lebih dekat daripada jarak lensa kacamata ke mata, Sebaiknya sebelum menggunakan softlens, periksakan dahulu ke dokter mata agar dapat diperoleh ukuran yang tepat.

      Salam,
      Rose

  34. Alan Says:

    Siang dok
    Nama saya Alan, berumur 46th. Tidak pernah pakai kacamata, dan mata saya selalu berair bila mengalami kelelahan. Kerja saya admin bekerja dengan komputer.
    Akhir2 ini mata saya agak lengket dan mengganggu penglihatan saya (agak buram dan berbayang). Kadang terasa ada air mata mengalir tapi tidak ada air matanya (susah keluar) tapi kalau dikucek kadang penglihatan normal kadang yang lengket masih ada dimata dan susah dihilangkan. kadang terasa silau dimata seperti orang yang kurang tidur. (memang ada kesulitan dengan waktu tidur karena satu dan lain hal)
    Pernah pakai obat mata Fenicol dari Cendo tapi tak ada hasil. Hal ini sudah berlangsung selama +- 9 bulan.
    Apa penyebabnya dok?
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Bapak Alan,
      Tampaknya gejala yang Bp alami adalah keluhan mata lelah akibat akomodasi mata yang berlebihan karena banyak bekerja dengan komputer. Normalnya, lensa mata kita setelah berumur 40 tahun ke atas akan mengalami penurunan daya akomodasi, sehingga kita membutuhkan kacamata plus untuk membantu akomodasi tersebut terutama dalam melihat dekat. Kondisi mata Bp juga diperberat dengan pekerjaan yang mengharuskan melihat komputer setiap hari. Kelelahan tersebut semua terangkum dalam suatu istilah yaitu COMPUTER VISION SYNDROME.
      Sejak umur 40 tahun harusnya Bp mulai memakai kacamata plus tersebut, namun karena di usia sekarang kemampuan mata berakomodasi makin lemah, maka keluhan yang sekarang dirasakan berat.Tetes mata yang Bp pakai adalah tetes mata Antibiotik, yang dalam kasus ini sama sekali tidak dibutuhkan dan tidak tepat. Justru yang Bp butuhkan adalah kacamata plus ditambah tetes mata pengurang rasa lelah. Periksakan mata Bp, agar keluhan ini bisa segera teratasi agar tidak menambah beban pekerjaan Bp.

      Salam,
      Rose

  35. Alan Says:

    Siang dok
    Nama saya Alan, berumur 46th. Bagaimana menghilangkan floater (bintik berbayang di mata)? Apakah ada obatnya? Apa penyebabnya?
    Thank’s sebelum dan sesudahnya.

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Bp. Alan,
      Penyebab floaters yang sering adalah karena adanya pencairan badan kaca di dalam bola mata kita. Badan kaca kita seperti jelly. Semakin bertambah usia, maka akan semakin mencair. Saat pencairan tersebut, ada bahan penyusun jelly tersebut yang lepas dan melayang di dalam bola mata kita, akibatnya akan terlihat seperti ada bayangan bintik, atau kadang-kadang melihat seperti rambut yang berjalan. Namun, floaters dapat juga disebabkan oleh hal lain seperti adanya infeksi dalam bola mata, adanya robekan retina atau lepasnya retina. Tentu ini hanya dapat dinilai dengan pemeriksaan mata yang menyeluruh.
      Bila penyebabnya adalah pencairan bola mata, biasanya penglihatan tidak menjadi buram dan kondisi ini tidak berbahaya. Kadangkala floaters ini dapat hilang sendiri tanpa pengobatan.

      Salam,
      Rose

  36. apip Says:

    dokter,sy ingin menanyakan tentang softlens..sy pakai kacamata kanan min (1.75) dan kiri silinder (2.5)..kemaren waktu sy mau nikah,sy beli softlens.karena sy bilang kalau softlens hanya dipakai untuk acara pernikahan,sm mbak optik,yg silinder diganti dgn min (3). kalau softlens sy pakai seterusnya,apakah ada efek nya,dok?lalu sy sering memakai softlens dan kacamata secara bergantian,apakah ada efek nya juga?terima kasih atas jawaban yg diberikan..

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Apip,
      Selamat ya untuk pernikahannya. Penggunaan softlens membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra yang sudah sering saya utarakan di konsultasi-konsultasi sebelumnya (Anda dapat membacanya). Pakailah softlens sesuai aturan dari produsennya, dan jaga kebersihannya selalu.
      Bila selama ini penggunaan softlens tidak menjadi masalah kesehatan di mata, maka tidak ada larangan untuk menghentikan penggunaannya. Kombinasi dengan kacamata juga tidak menimbulkan efek berbahaya.

      Salam,
      Rose

  37. K.Rachman Says:

    Suami saya sudah memakai kacamata sejak kuliah, usianya sekarang 40 th, dua bulan ini dia sering mengeluh matanya seperti lengket dan kadang sulit dibuka’
    selama ini kami berasumsi masuk angin, krn bila sdh diistirahatkan dan diurut2 agak berkurang.
    namun matanya sekarang semakin sering sulit untuk dibuka dan sangat menggagu aktivitas untuk penglihatan biasa
    bila sedang tdk terserang normal. adakah hal ini berhub dengan penyakit mata? atau hanya masuk angin? trims. Dok atas infonya.

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Ibu Rachman,
      Penyebab mata lengket ini bermacam Bu. BIsa disebabkan oleh penyakit mata, bisa juga karena membutuhkan kacamata baca (apabila suami Ibu banyak bekerja depan komputer atau membaca, maka matanya akan cepat lelah dan memberikan keluhan yang sama juga). Bila ada penyakit mata, biasanya keluhan ini sering disertai keluhan lain seperti mata lengket, merah, gatal, ada kotoran mata, dan lain-lain.
      Sebaiknya jangan sembarang mengurut mata, karena struktur mata kita sangat kompleks dan halus-halus. Salah urut bisa-bisa malah menambah masalah.
      Periksakan mata suami Ibu agar diketahui penyababnya segera.

      Salam,
      Rose

  38. Erwin Says:

    Selamat siang dok,..
    saya berusia 41 tahun, baru2 ini saya mengganti lensa kacamata jenis progresive. semula saya menggunakan kacamata minus kiri 0,5 dan kanan 0,75 dan bila saya pakai membaca terasa tidak nyaman dan berbayang juga sedikit pusing, yang ingin saya tanyakan bagaimana optik bisa memberi nilai +1.25 pada kedua lensa kacamata saya yg sekarang karena saya hanya ditest membaca huruf dari jarak jauh,adakah alat untuk mentest rabun dekat?. terimakasih

    1. Diana Says:

      Selamat sore Pak Erwin,
      Untuk menentukan rabun jauh, dekat atau adanya gangguan akomodasi dalam penglihatan dekat, semuanya melalui serangkaian pemeriksaan menggunakan alat khusus. Memang dari umur Bapak, biasanya diberikan +1 atau +1.25, namun ini tetap harus dicek dulu ke mata Bapak sebelum langsung diresepkan karena faktor kenyamanan mata pasien memegang peranan penting. Kemungkinan Bapak tidak nyaman dengan kacamata karena ukuran yang belum tepat atau masih adaptasi dengan lensa progressive.

      Salam,
      Rose

  39. Faris Says:

    assalamualaikum,
    selamat sore dok
    perkenalkan saya faris laki2 umur 20th, ada yang saya ingin tanyakan dok..
    saya penderita virus toksoplasma yang menyerang mata karena memelihara kucing dan merpati sejak saya kecil..
    saya sudah mencoba mengobatinya dengan berobat ke rumah sakit khusus mata di bandung namun mereka menyerah, lalu ke dua pengobatan alternatif namun tidak sembuh-sembuh juga..
    apakah saya bisa sembuh dok? mengingat untuk mengobati penyakit ini harganya sangat mahal

    1. Diana Says:

      Selamat sore Faris,
      Parasit toksoplasma memang sering sekali menyerang mata terutama bagian yang paling peka terhadap penglihatan,yaitu bintik kuning kita (makula lutea). Sifat jelek bila parasit ini tidak segera diterapi adalah meninggalkan jejas/jaringan parut di makula tersebut. Bila sudah ada jaringan parut, maka penglihatan pasti akan terganggu dan sifatnya permanen. Pengobatan untuk penyakit mata ini sewaktu dalam tahap awal infeksi saya kira masih terjangkau karena masih ada obat generik untuk mengatasinya daripada anda ke sana kemari malah pengobatan menjadi tidak fokus.
      Salam,
      Rose

  40. Bagus Says:

    Assalamu’alaikum WR.WB.

    Bu Dokter, ada yang ingin saya tanyakan tentang mata saya. Sejak kecil hingga sekrang (umur 18 tahun) setiap saya melihat selalu ada bintik2 hitam seperti semut2 di TV. Kira2 ada masalah apa dengan mata saya? apakah itu berbahaya? Terima kasih.

    1. Diana Says:

      Selamat sore Bagus,
      Bintik-bintik yang kamu lihat disebut floaters. Penyebabnya macam-macam, bisa karena pencairan badan kaca (jelly yang ada dalam mata kita), bisa karena infeksi ataupun karena ada trauma mata hingga lepasnya retina. Jikalau bintik tersebut tidak bertambah banyak dan tidak menyebabkan gangguan penglihatan, tidak akan menyebabkan sesuatu yang berbahaya. Tetapi akan jauh lebih bijaksana, apabila kamu memeriksakan matamu ke dokter mata agar diketahui penyebab pastinya.
      Salam,
      Rose

  41. Intan Says:

    Slam sht sllu
    Dok
    Sya mau tnya
    Digaris mata bawah saya ada semacam benjolan kecil(seperti jrwat atau kuti) tapi tidak sakit dok.
    Sudah hmpir stu minggu tidak mengempis.
    Yg mau sya tnyakan.
    Itu sebenernya benjolan apa dok??
    Parah atau tidak?
    Pdhal sebelumny saya tidak pernah bintitan.
    Trus bagaimana agar benjolan terebut hilang,saya takut menjadi besar dok.
    Mohon pncrhany.trims

    1. Diana Says:

      Selamat sore Intan,

      Benjolan tersebut dapat disebabkan oleh bermacam-macam, bukan hanya bintil, tapi mungkin lemak, atau benjolan karena virus dan lain-lain. Anda bisa mengirimkan foto close up yang memperlihatkan benjolan tersebut ke: arsimedik@yahoo.com supaya saya bisa lihat lebih jelas.

      Salam,
      Rose

  42. trisno Says:

    Dok di bawah mata saya di ujung dekat idung pas garis mata ada benjolan sebesar biji beras,terasa tidak sakit.
    Untuk mengobatinya dimana saya harus berobat? Apa hrus ke dokter mata apa berobat ke dokter kulit dok?saya keder.mohon bntuany dok.

    1. Diana Says:

      Selamat sore Trisno,

      Jikalau benjolan tersebut terletak di area mata, sebaiknya diperiksakan ke dokter mata. Penyebabnya macam-macam, mungkin ada sumbatan kotoran mata, bisa juga bintit yang kronis atau ada penyebab lain.

      Salam mata sehat,
      Rose

  43. adhi Says:

    apa sebab,akibat dan kemungkinan sembuhnya pada penderita putusnya urat mata,,..?

    1. Rose Says:

      Selamat sore Adhi,

      Urat mata yang Adhi maksud yang mana? Kalau saraf penglihatan (nervus optikus), yang menghantarkan bayangan dari retina ke otak yang putus, tentunya akan mengakibatkan gangguan penglihatan hingga kebutaan. Penyebabnya mungkin karena kecelakaan, terbentur, cedera waktu operasi atau ada sebab lain. Sampai saat ini, belum ada saraf yang bisa menggantikan saraf penglihatan tersebut.

      Salam mata sehat,
      Rose

  44. Tiara Says:

    Dok sy ingn tanya. . Apkh ada cr untk mengurangi mata minus,?mata sy minus 3,5 ,bskh b’kurang menjd 2? Atau bgmana shrsnya gya hdp kt atUr agar mata tdk smkn b’tmbh minusnya?trmksh mhoN jwbnnya

    1. Rose Says:

      Selamat sore Tiara,

      Satu-satunya cara untuk mengurangi mata minus hingga saat ini adalah secara LASIK. Tidak ada kacamata, softlens, ataupun gaya hidup untuk menguranginya. Progresifitas minus itu juga berbeda-beda pada masing-masing orang, dipengaruhi genetik, pertumbuhan badan, gizi, kebiasaan (misalnya sering kena radiasi komputer), membaca dalam keadaan gelap dan makanan yang kurang seimbang vitamin A,C dan E.

      Salam mata sehat,
      Rose

  45. nino Says:

    salam dok,,
    saya laki2 berumur 20 thn,sering bekerja didepan komputer.6 bulan yang lalu mata kiri saya terkena sumbatan pembuluh darah sehingga lapang pandang saya hilang setengah ke atas.setelah cek darah,hasilnya normal saja tidak ada kelainan darah,,apakah masih bisa sembuh.?yang bagus dikasih obat apa ya dok?lalu akhir2 ini mata saya sering pegal..itu kenapa ya?
    terima kasih dok…

    1. Rose Says:

      Selamat sore Nino,
      Apakah waktu kena sumbatan pembuluh darah, Nino langsung memeriksakan ke dokter mata? Karena efek sumbatan tersebut dalam waktu singkat memang dapat mengakibatkan hilangnya lapang pandang. Penyebabnya macam-macam dan memang harus ditelusuri, sehingga pengobatan pun disesuaikan dengan penyebabnya.
      Mata pegal/lelah karena menyesuaikan dengan penglihatan yang ada sekarang (lebih banyak didominasi mata sehat), sehingga cepat lelah.
      Saran saya, bila sudah pernah mengalami sumbatan pembuluh darah di mata, harus lebih hati-hati lagi karena mungkin bisa terulang baik di mata ataupun organ lain. Apa pemeriksaan darah yang sudah dijalani?

      Salam,
      Rose

  46. wulan Says:

    Salam sejahtera Dok,

    nama saya wulan usia 30 tahun. Mata saya minus sejak kelas 6 SD sekarang mata kanan -6.25 mata kiri -5. Terakhir deteksi ukuran ini tahun 2004 tapi beberapa kali periksa lagi sampai tahun lalu tidak ada kenaikan minus. Sebagai info tahun 2004 saya kena floaters dan tahun 2009 pemeriksaan retina ada sedikit bagian atas kanan dan kiri yang mengalami gejala penipisan kemudian dilakukan laser retina untuk tindakan prefentif oleh dokter.

    dokter menyarankan saya untuk pakai kacamata anti sinar UV dan radiasi komputer karena saya kerja 8 jam di depan komputer setiap harinya.

    sekarang saya akan mengganti kacamata baru. yang saya tanyakan sbb:

    1. Dok apakah di usia saya minus masih bisa tambah lagi. jujur cenderung was-was takut setiap kali periksa kalau di deteksi minus nambah lagi. Apakah penambahan minus bisa mengakibatkan floaters saya bertambah dok? karena saya takut kalau ganti kacamata floatersnya nambah juga. Ada korelasinya nggak sih dok?

    2. Sejauh ini dengan ukuran minus yang sekarang masih enak dipakai tapi kadang suka silau dok kalau siang hari di luar ruangan terik atau di depan komputer apakah itu indikasi minus saya nambah ya dok?

    3. Ada efeknya nggak dok kalau misalnya minus kita bertambah tapi kita nggak ganti ukuran kacamata?

    4. Apakah penggunaan lensa anti UV benar-benar bisa membantu kondisi retina saya dok apa bedanya dengan lensa yang biasa?

    5. apakah menggunakan softlense aman untuk kondisi mata saya?

    maaf yah dok saya kebanyakan bertanya.

    1. Rose Says:

      Salam sejahtera Wulan,

      Sebagian pertanyaanmu sama dengan penanya lain, bisa kamu cek lagi. Secara singkat saya jelaskan bahwa floaters bukan disebabkan oleh ukuran kacamata semata-mata, tetapi dipengaruhi kondisi cairan bola mata dan retina. Bila ada gangguan pada retina,misalnya penipisan hingga terjadi lubang apalagi lepas, maka floaters bisa bertambah banyak.

      Silau mungkin disebabkan karena efek dari ruangan yang redup ke terang, atau mungkin karena silinder atau memang matamu sensitif karena retina yang sudah dilaser akan peka sekali terhadap cahaya. Kalau minus sudah bertambah, tidak ganti kacamata ya akibatnya penglihatan makin buram dan lelah. Untuk pemakaian softlens harus diperiksa dulu apakah aman atau tidak.

      Salam mata sehat,
      Rose

  47. Gita Says:

    halo dokter yg baik hati, sy gita usia 21 thn. Saya sudah pernah memakai softlens selama 3 thn lebih. akan tetapi, sudah hampir 3bulan saya mengalami masalah dalam pemakaian softlens. Saya mengalami masalah sewaktu memakai softlens lebih dari 2 atau 3 jam gitu, maka sewaktu saya melihat ke lampu maka saya akan melihat biasan pelangi di sekitar lampu tersebut dan sedikit kabut. jd sy tdk bisa pakai soflens lebih dari 3 jam. Apakah penyebab nya ? apa itu gejala glukoma? saat sy lepas softlens mata kembali normal. pkerjaan menuntut sy tdk berkacamata.. dan berapa biaya utk setiap konsultasi dgn dokter mata dok? sy takut sekali. terima kasih dok

    1. Rose Says:

      Selamat sore Gita,

      Jangan biarkan keluhanmu berlarut-larut. Mungkin ada gangguan pada kornea atau ada masalah di permukaan matamu sehingga melihat kabut dan pelangi. Kalau glaukoma, matamu pasti akan melihat pelangi disertai merah, sakit di mata dan kepala, bahkan bisa muntah. Meskipun soft lens sudah dilepas keluhan tidak akan hilang.

      Biaya konsultasi tentulah tidak akan semahal penyakit yang kamu harus bayar akibat penggunaan softlens.

      Salam mata sehat,
      Rose

  48. Lina Says:

    halo dok.. saya 25 tahun. sudah beberapa hari ini kelopak mata kanan saya agak ada benjolan (bukan bintit). tidak terasa gatal atau sakit, hanya kulitnya kadang mengelupas dan kering.. tapi itu kelihatan banget kalau diperhatikan.
    menurut dokter itu penyakit mata atau penyakit kulit? dan bagaimana cara mengobatinya.
    terimakasih sebelumnya..

    1. asisten Says:

      Selamat sore Ibu Lina,
      Keluhan yang dimaksud mungkin kelainan kulit kelopak, mungkin bisa karena alergi karena pemakaian produk baru, atau memang ada gangguan kulit di tempat lain yang mengenai kulit kelopak juga. Pengobatannya tentunya harus melalui pemeriksaan dulu ya.
      Salam,
      Rose

  49. shanty Says:

    dok saya mau tanya, kalo cairan softlens kan di bungkusnya ada jangka waktu misalnya 30 hari atau 90 hari. kalo kita pake cairannya lewat dari jangka waktu tersebut ada efeknya ngga buat mata? terimakasih

    1. asisten Says:

      Selamat sore Shanty,
      Saya tidak berani menjamin kualitas cairan softlens tersebut tetap baik jikalau sudah kadaluarsa. Sebaiknya hindari penggunaan cairan yang sudah dibuka lama apalagi expired karena efeknya akan sulit diprediksi.
      Salam,
      Rose

  50. Sony Says:

    Hallo dokter yang baik….

    saya mau tanya, adik saya terkena sakit mata ( mate merah, gatal , agak bngkak sehingga matanya terlihat sipit, terasa ada yang mengganjal, juga kadang terasa ada kerikilnya/agak sakit n perih ), memang sudah dibawa ke klinik mata, saat itu saya tidak menemani sampai kedalam klinik jadi adik saya tidak bertanya banyak ke dokternya. dia diperiksa seperti biasa, dilihat matanya dan di senter cahaya.
    ini adalah obat yang direkomendasikan :
    1. Vitadrop (sodium hyaluronic acid 0.15%, protector, calciu chloride dihydrate, magnesium chloride hexahydrate, boric acid, vitamin B12, sodium chloride, pottasium cholide, oxyd 0.16%, distilled water ) dan ( tobramisin, deksameteson ). dosisnya untuk malam hari pertama setiap setengah jam ditetesi obat tetes tsb ( satu obat seling 5 menit ), untk hari berikutnya adalah 5 kali perhari.

    sudah seminggu adik saya dan 90% hampir seminggu.

    sekarang koq saya yang malah sakit mata dan keluhannya sama dengan adik saya, jadi apakah penyakit mata adik saya itu menular ( virus / bakteri ) atau karena sebab lain.
    apakah aman jika saya memakai obat yang adik saya pakai tanpa pemeriksaan dan resep dokter terlebih dahulu?

    saya sudah memakai obat itu dan sehari ini air mata yang keluar lumayan banyak apa lagi saat setelah menggunakan obat tetes teresebut.

    dok saya kirim fotonya ya..

    terima kasih

    1. asisten Says:

      Selamat sore,
      Sakit mata (belekan), baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri memang sangat menular. Sebaiknya obat mata jangan dipakai bersamaan dengan orang lain karena bisa saling menular. Syukur-syukur kalau penyebabnya sama. Lebih baik diperiksa terlebih dahulu sehingga pengobatan lebih tepat.
      Salam,
      Rose

  51. fei Says:

    Dok, selamat sore…

    mata saya sebelah kanan itu sgt rabun, sy gak tau kenapa bs begitu, sebelumnya sy pernah konsultasi ke dokter dan katanya mata sy yg kanan itu mata malas..dan hrs dioperasi. tp terakhir sy periksa itu uda skitar 8thn lalu..
    dan minus sy pun semakin meningkat, demikian jg yg mata kiri..
    sy menggunakan softlense, tp mata sy sering sekali pedih dan merah.. kemudian prnh juga iritasi dan dkasi obat…
    sy jg sdh menggunakan berbagai merk, org2 blg acuvue plg byk kadar airnya..
    Sebelumnya sy pernah nyoba n ga cocok…
    Tp kmrn pas sy beli softlense, org optiknya blg acuvue plg bgs…
    Hr ini sy pake, n mata sy merah n perihh…
    Dok, mohon bantuannya..
    Krn sy takut sekali… maklum ini menyangkut penglihatan…
    Sy sdh berpikir utk operasi, tp sy jg takut, krn sy merasa mata sy ini korneanya ga tebal… dan setau sy utk operasi akn dicek dl apakah korneanya sehat n tebal..

    Utk skr minus mata kiri 8.5, silinder 0,5
    mata kanan (ga tau dok, ga bs didiagnosa), silinder 1,5

    Dok, sy mohon sekali bantuannya sesegera mgkn..

    Sy jg ingin advise sebaiknya sy menggunakan kc mata ato softlense?
    krn mata sy tergolong sensitif sekali, klo bs dberi pula merknya yg kira2 cocok utk mata sy..

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Fei,
      Operasi apakah yang dokter anjurkan pada mata kanan Fei? Supaya lebih jelas kondisi mata kananmu seperti apa.. Apakah LASIk atau yang lain?
      Penggunaan softlens memang tidak boleh sembarangan. Kalau ada gangguan pada bola mata luar, harus diatasi dulu hingga normal baru bisa memakai softlens, dan belum tentu juga kamu cocok memakai softlens karena beberapa soft lens dapat menimbulkan reaksi alergi pada mata. So, baiknya berkonsultasi dulu apakah matamu memang ideal untuk dipasang softlens.
      Salam,
      Rose

  52. Nana S Says:

    4 hr yang lalu saat jalan pake motor mata anak saya nesha (3 thn) entah digigit serangga or kelilipan debu, matanya merah dan besoknya matanya jadi bengkak, waktu itu cuma sy obati pake tetes mata biasa. hari berikutnya disekitar mata yg sakit jd timbul bintik2 gatal gtu.trus sy bawa k dokter dikasi obat allerzin n obat tetes mata erlamycetin. habis num obat allerzin matanya jd tambah gatal.bagaimana solusinya ya dok.mohon informasinya.klo foto matanya yang sakit diperlukan, saya kirim kemana ya? terimakasih.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Ibu NAna,
      Biasanya kelainan di mata, obatnya diberikan langsung pada mata yang mengalami gangguan. Mungkin ada reaksi alergi atau disertai peradangan. Semoga kelainan matanya sudah teratasi ya bu.
      Jikalau ada foto yang ingin dilampirkan, dapat mengirim ke arsimedik@yahoo.com.
      Salam,
      Rose

  53. Ella Says:

    Salam,Dok..saya 21 tahun. mata saya dua2nya sudah minus kira2 7..sudah pakai softlens sejak 2 SMP..beberapa bulan yg lalu,ada satu benjolan di kelopak mata sebelah kanan..lebih ke arah medial, benjolannya sebesar biji kacang hijau.tidak sakit,hanya bila bola mata digerakkan sedikit menganggu saja..

    lalu saya periksakan ke dokter sp.M..setelah diperiksa menurut dokternya, benjolan tsb sudah radang kronis dan di diagnosis merupakan Contact Lens Induced Papillary Conjunctivitis (CLPC). dan diberi option perawatan,antara di incisi atau di suntik dengan (tri…, saya agak lupa dok namanya).sekarang saya dianjurkan memakai softlens yang harian.

    yang saya ingin tanyakan:
    1. Dari option perawatan itu mana yang sebaiknya diambil?krn kulit saya agak berwarna gelap,apakah akan ada hipopigmentasi di daerah suntikan tersebut?atau sebaiknya perawatan apa lagi yang bs menjadi laternatif yang b
    2. Setelah saya menghilangkan benjolan tersebut,apakah bisa muncul lagi?
    3. apakah lasik dapat membantu?

    Terimakasih,dok..

    1. asisten Says:

      Selamat sore Ella,

      Penyuntikan dengan steroid memang berisiko untuk terjadi hipopigmentasi. Jikalau takut, alternatifnya memang ditusuk dengan jarum untuk mengempeskannya. Dari pengalaman saya, pasca dibersihkan dengan jarum, keluhan biasanya langsung hilang. Benjolan mungkin muncul lagi selama soft lens masih tetap dipakai. LASIK membantu dalam penglihatan, bukan untuk conjungtivitisnya.
      Salam,
      Rose

  54. fany Says:

    Dokter saya mau tanya,
    dok saya penguna softlense sudah 4 bulan, karena softlense yang saya beli itu waktunya 6 bulan.saya mengunakan softlense juga jarang-jarang tapi akhir-akhir ini saya mengunakan lagi soflense, saya mengalami keanehan pada mata saya yang menjadi sangat merah sekali dan sayangnya saya tidak langsung melapas softlense tersebut karena saya tidak membawa temept penyimpanannya, dan pada akhirnya saya lepas pada saat saya sampai dirumah dengan mata yang masih memerah. dan kebesokan paginya mata saya masih merah dan terlihat ada bintilan putih disekitar lingkaran kornea mata saya dan ini sudah hampir seminggu belum kunjung sembuh. dokter apa resiko yang terjadi bila guratan merah dan bintilan putih itu tak kunjung hilang! dan bila saya ke dokter apa yang akan ditanggulangi oleh mereka apakan hanya di koasih obat tetes atau harus dioperasi, karena jujur saya takut apabila harus di operasi dan akan mengalami kebutaan. tolong dokter berikan saran untuk saya

    1. asisten Says:

      Selamat sore Fany,
      Lingkaran putih dan mata merah tersebut mengindikasikan adanya infeksi pada kornea. Pilihan terapi tentu adalah obat mata. Dalam keadaan infeksi, tidak mungkin dilakukan tindakan operasi. Hati-hatilah memakai softlens, apalagi kalau sampai mata ada keluhan, harus cepat-cepat diperiksa ke dokter mata ya.
      Salam,
      Rose

  55. madame Says:

    dok, numpang tanya ya dok… saya kmarin pake softlens, trus terbawa tidur, rada lengket, tp saya buka aja..

    nah mata saya yg sebelah kanan agak terasa mengganjal,kira” berbahaya ga ya dok? tapi ga berair, ga merah, ga gatal, dan sampai malam ini juga kalo melihat cahaya,lampu, tidak merasa silau,buram juga tidak, <–saya baca" kalau kornea terluka gejalanya fotofobia,mata berair,perih,begitu..

    yang mau saya tanyakan ini berbahaya ga ya dok? saya td ke klinik kampus, tapi ternyata dokter matanya hanya seminggu sekali, kalau saya konsultasi ke dokter umum bisa ga dok?tlng direplay, karena saya butuh bgt.. makasih

    1. asisten Says:

      Selamat sore Madame,
      Kalau mau memakai softlens, maka harus rawat matanya baik-baik, ikuti aturan penggunaannya jangan sampai dibiarkan kering begitu ya karena mata akan menjadi iritasi atau softlens bisa robek dan tertinggal di mata dan menjadi masalah.
      Salam,
      Rose

  56. budse Says:

    sore dok, saya mau konsultasi…Kemaren mata teman saya terkena bubuk detergen…saya sudah memberi pertolongan pertama yaitu dengan boor water..kemudian ditetesi dengan obat mata cendo xitrol…pagi ini sebelah matanya msh merah..gmn cara mengatasinya?

    1. asisten Says:

      Selamat sore Budse,
      Untuk kasus penanganan trauma kimia pada mata, langkah pertama adalah mencucinya dengan air bersih yang mengalir sebanyak-banyaknya, setelah itu langsung dibawa ke dokter mata. Trauma kimia sangat berbahaya bagi mata, karena efeknya tidak hanya jangka pendek saja, tetapi juga jangka panjang (apalagi kalau penyebabnya itu adalah yang bersifat basa). Tetes mata jangan sembarang diberikan, karena mungkin berbahaya buat mata tersebut.
      Salam,
      Rose

  57. Atiqoh Says:

    hallo dok,,,,
    saya mau nanya, kemarin kan saya periksa mata ke spesialis mata, ternyata hasilnya mata saya yang kanan itu silinder 25.0,,sedangkan yang kiri min 0.25,,,,satu bulan kemudian saat saya mau beli kaca mata disebuah optik, ternyata saat diperiksa mata saya yang kanan berubah menjadi min 0.50,,dan yang kiri min 0.75,,,itu gimana dok,,???

    terima kasih,,,

    1. asisten Says:

      Selamat sore Atiqoh,
      Pada dasarnya untuk mata minus, digunakan ukuran minus terkecil yang memberikan kenyamanan yang terbesar untuk mata. Untuk mendapatkan ukuran tersebut, tidak hanya mengandalkan pemeriksaan dengan komputer saja, tetapi melalui pemeriksaan dengan lensa-lensa mata hingga cocok.
      Salam,
      Rose

  58. nico Says:

    dokter yang terhormat.

    saya punya teman yang memiliki masalah di matanya, ada semacam tonjolan seperti jerawat besarnya di bagian putih matanya, atau retinanya, yang terus menerus terasa gatal dan urat2 si sekitarnya berwarna merah, dan lama kelamaan, bagian matanya seperti besar sebelah, dan bagian ini seperti mengecil (tampak oleh saya), dok, kalau boleh tahu ini penyakit apa dan solusinya apa?
    apa sampai perlu operasi?

    terima kasih jawabannya.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Nico,
      Temanmu umurnya berapa ya dan sudah berapa lama benjolan tersebut timbul di mata? APakah membesar atau ukurannya tetap saja? BIsakah diambil fotonya dan kirimkan ke saya di arsimedik@yahoo.com supaya saya bisa melihat lebih jelas sehingga jawaban juga lebih tepat.
      Salam,
      Rose

  59. Nova Says:

    siang dok.. Sya seorang ibu yg skitar 1 mnggu yg lalu mlahirkan anak ke 2 sya.umur sya 26 thn.keluhan sya adalah stlh sya mlahirkan di bagian atas mata sya sakit klo trkena sinar/cahaya,pndangan jg mulai kabur.padahal sbelum mlhirkan sya tdk prnh ada kluhan dg mata sya.bilang sodara sya,itu krena darah ptih yg naik stlh mlahirkan.tp stlh sya cari tau di smua artikel mngatakan bhwa tdk ada istilah darah ptih naik stelah mlahirkan.lalu ada apa dg mata sya ini ya dok?mhon pnjelasannya dan lngkah apa yg hrs sya tempuh.sebelum dan sesudahnya sya ucapkan bnyak terima kasih yg sbesar-besarnya dok..

    1. asisten Says:

      Selamat sore Nova,
      Selamat karena telah dikarunia anak ke-2…Semoga saat ini ibu dan anak sehat-sehat saja.
      Pasca melahirkan memang bisa timbul keluhan mata kabur, hal ini bisa disebabkan banyak hal, apakah faktor mengedan, atau apakah ibu mengalami darah tinggi selama kehamilan atau persalinan sehingga mengakibatkan perdarahan mata. Sebaiknya ini dikonsultasikan ke dokter mata, supaya penanganan lebih terintegrasi.
      Salam,
      Rose

  60. benny vieri Says:

    dok, nama saya benny, pria, 25 tahun, saya mengalami keluhan, di dalam mata sebelah kanan saya, tepatnya di sekitar mata,dikelilingnya, saya merasakan seperti ada yang bergetar-getar secara periodik.. mohon bantuannya dok..saya takut ada masalah yg bereat di dalam mata saya..:(

    1. asisten Says:

      Selamat sore Benny,
      Apakah keluhan tersebut dirasakan seperti berkedut-kedut sesaat atau terus menerus dari dulu? Kalau sesaat, mungkin bisa disebabkan karena kurang elektrolit atau ada gangguan pada saraf mata. Coba rekam gerakan tersebut dan kirim ke arsimedik@yahoo.com untuk saya evaluasi.
      Salam,
      Rose

  61. Toni Says:

    Hallo bu,

    kondisi mata saya mengalami bintik dan benang hitam, terasa amat mengganggu. tetapi saya tidak menderita minus, dan saya coba tes dengan menutupi sebelah mata saya masih bisa melihat tulisan rambu2 jalan dan komputer. memang saya kekurangan banget vitamin A…..pertanyaan saya adalah

    1. apakah gejala ini dapat hilang jika kita mengkonsumsi nutrisi makanan yang menyehatkan mata ?

    2. kira2 saya menderita apa yah ?

    3. apakah baiknya diperiksakan saja ke dokter mata supaya dapat mengetahui solusinya ?

    4. jika iya, rumah sakit apa yang bagus untuk masalah kesehatan mata ?

    Terima Kasih

    1. asisten Says:

      Selamat sore Bapak Tony,
      Saat ini berapa usia Bapak? Apakah gangguan tersebut sudah lama atau baru-baru saja? Bapak dapat memeriksakan di rumah sakit tempat saya praktek, di sana peralatannya sudah sangat lengkap. Dengan pemeriksaan yang lengkap dan menyeluruh, akan terungkat penyebab keluhan Bapak tersebut dan penanganan tepat sasaran.
      Salam,
      Rose

  62. Wiet Says:

    Dok, saya Wiet, umur 31 tahun. Waktu saya hamil 8 bulan, saya mengalami bengkak mata seperti bintitan. Itu 8 bulan yg lalu. Semingg kemudian sembuh. Tapi kembali terjadi di bagian mata yg lain. Setelah itu sembuh lagi. Beberapa bulan kemudian, di kelopak mata saya timbl bintil kecil seperti jerawat dan berisi nanah. Itu berlangsung 3 hari saja. Tapi setelah itu meninggalkan benjolan kecil. Ada yg tetap kecil, ada yg membesar. Yg membesar, ada di kelopak mata bagian bawah kanan dan kiri. Sedangkan yg ada di kelopak bagian atas kanan dan kiri, tetap kecil.
    Saya sdah memeriksakan diri ke dokter mata. Saya diberikan salep. Bila tidak kempes juga, saya akan dibedah. Saya baru menggnakan salep selama 2 hari.

    Yg saya ingin tanyakan :
    1. Apa nama penyakit saya?
    2. Apa penyebab penyakit saya ini?
    3. Bagaimana cara mengobatinya?
    4. Apakah dengan salep saja, penyakit saya bisa sembuh?
    5. Apakah bisa diobati selain dgn cara dibedah?
    6. Bila dibedah, apakah saya harus dibius total?
    7. Kira2 biaya untuk operasinya berapa?

    Sekian pertanyaan dari saya, Dok.
    Terima kasih.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Ibu Wiet,
      Dari penjelasan ibu mengenai kondisi mata dan riwayat terapi dari dokter, saya menduga ini adalah bintitan/timbil yang dalam bahasa medis sering disebut sebagai hordeolum atau kalazion. Penyebabnya adalah infeksi pada kelenjar mata yang terdapat di kelopak. Pada beberapa kasus, timbil ini akan mengempes sendiri tanpa pengobatan, tetapi bila infeksi bertambah berat, maka perlu diterapi dengan antibiotika tetes mata atau salep mata ditambah dengan kompres hangat agar cepat mengempes. Memang pada sebagian orang susah kempes, mungkin karena infeksi cukup berat, ada gangguan penyakit mata yang lain di daerah kelopak, sering kena debu, higiene kurang baik dan menderita penyakit lain seperti diabetes. Pembedahan diindikasikan pada kasus yang sering kumat-kumatan. Operasi ini merupakan operasi kecil, sebentar saja, dibius lokal pada daerah kulit, kemudian bintit yang seperti bisul itu dipecahkan dengan pisau khusus dan isinya yang berupa nanah dikeluarkan hingga bersih. Untuk harga sangat bervariasi tergantung dari tempat dan fasilitas pelayanan yang Ibu kunjungi.

      Salam,
      Rose

  63. muhamad nuh Says:

    ibu dokter yang baik
    saya pria umur saya 18 tahun . saya tidak mengalami min tau plus. melainkan saya ingin menanyakan benjolan yang ada di bibir dalam mata kiri, itu bintit atau janagn sampe dah tumor. kalo ditekan sakit dikit gak gatal.
    mohon penjelasanya bu dokter

    1. asisten Says:

      Selamat sore Muhamad Nuh,
      Benjolan dalam kelopak yang disertai rasa sakit, mungkin adalah timbil/bintitan. Sebaiknya diobati agar cepat sembuh. Nuh bisa membaca di penjelasan no.62 untuk lebih jelas.

      Salam,
      Rose

  64. vier Says:

    siang dok,

    saya vier, umur 19 thn, langsung ke permasalahannya. pada waktu itu saya pergi renang ama temen2, setelah renang mata saya yang sbelah kanan tiba-tiba merah dan besoknya bengkak terus selalu mengeluarkan air mata. sekarang udah gak merah dan gak bengkak, tapi penglihatan jarak jauh saya kabur dan tidak jelas seperti mata sebelah kiri saya. apakah mata sebelah kanan saya bisa normal kembali seperti mata sebelah kiri saya ? . bagaimana pengobatannya ?

    1. asisten Says:

      Selamat siang Vier,
      Mata yang mendadak merah, bengkak, mengeluarkan air mata dan menjadi buram adalah tanda adanya infeksi pada mata (kemungkinan besar infeksi pada kornea). Mungkin bisa karena air kolam renang atau karena penyebab lain seperti kuman, virus atau jamur. Dengan pengobatan yang cepat dan tepat tentu akan cepat sembuh. Pengobatan selalu disesuaikan dengan penyebabnya.

      Salam,
      Rose

  65. amelia Says:

    bu, saya perempuan umu 18 tahun.
    saya memakai softlens dengan -0.5
    softlens pertama yang saya gunakan merek eur*pe, saat penggunaan, mata saya terasa sangat kering padahal tertera kadar air 55 sehingga membuat mata saya sakit.

    lalu saya beli lagi dengan merek A+ yang kadar airnya juga besar karena teman saya menyarankan yang kadar air besar agar nyaman.
    tentu sajay saat memakai saya merasa nyaman.
    tapi jika bola mata saya bergerak ke bawah, terasa ada yang aneh d mata bagian bawah. dan juga mata saya sering seperti ada kotoran (seperti belekan bangun tidur)

    mohon penjelasannya. terima kasih

    1. asisten Says:

      Selamat sore Amelia,
      Bila ada rasa kurang nyaman/mengganjal akibat pemakaian soft lens, mungkin bisa disebabkan ukuran diameter softlens yang kurang pas, tetapi bila disertai kotoran, mungkin memang kamu tidak cocok dengan softlens tersebut sehingga timbul iritasi, atau matamu dari awal memang kering sehingga setelah pemakaian softlens menjadi bermasalah. Coba hentikan pemakaian softlens dan amati apakah masih keluar kotoran atau tidak. Bila terus mengeluarkan kotoran, sebaiknya diobati hingga sembuh. Setelah sembuh, baru boleh mencoba memakai softlens kembali.

      Salam,
      Rose

  66. indah Says:

    Selamat pagi dok…

    Saya wanita berumur 19 tahun..saya baru mencoba soflens setelah sekian lamanya memakai kacamata…awal2 pakai memang agak sulit, tapi saya bisa mengatasinya. Waktu itu saya pernah pakai agak lama dari pagi sekitar jam 9 lalu saya lepas sekitar jam setengah 8.30 malam. Mata saya langsung merah dan sofles tampak buram. Setelah kejadian itu, saya memakai soflens kembali, kenapa soflens yg saya pakai tampak agak buram dan penglihatan malah tidak jelas, tampak berbayang jika melihat benda yg jauh. Tapi jika mengenakan kacamata, penglihatan saya tidak apa2. Mengapa bisa seperti itu ya bu Dokter? Mohon penjelasannya. Terima Kasih.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Indah,
      Kemungkinan besar softlens mu buram karena terlalu kering karena penggunaan yang terlalu lama, apalagi tidak disertai penetesan mata saat memakai. Saat melepas softlens tangan juga harus bersih, sehingga tidak ada noda minyak/kosmetik/debu yang mengotori permukaan softlens.
      Mata Indah sendiri tidak bermasalah karena dengan pemakaian kacamata masih jelas, kalau mata yang bermasalah tentu mau pakai kacamata ataupun softlens buram.
      Jadi saran saya, ganti softlens tetapi harus memperhatikan perawatan dan kebersihan ya.
      Salam,
      Rose

  67. Destrilistianto Says:

    Selamat pagi Dok,
    Umur saya 22 tahun 10 bulan
    Kemarin sore saya konsultasi mata ke rumah sakit mata di HR Rasuna Said, dari hasil pemeriksaan minus mata saya naik dari OD -2.25 dan OS -1.75 menjadi OD -3.25 dan OS -3.
    Yang menjadi pertanyaan saya
    1. apakah bisa minus mata naik drastis (hanya selisih 8 bulan pemeriksaan di rs yang sama) dalam usia saya ini (setahu saya 18-20 harusnya sdh stabil)
    2.apakah kenaikan minus mata saya disebabkan karena saya berada di depan komputer 8 jam sehari (tuntutan pekerjaan)
    3.adakah kemungkinan minus mata saya bertambah lagi?
    4.berapa batasan minus mata yang wajar?
    5.apakah saya harus mencoba ke dokter mata yang lain?

    1. asisten Says:

      Selamat sore Destrilistianto,
      Ukuran kacamata biasanya relatif stabil setelah memasuki usia 20 tahun (pria). Tetapi mungkin saja bertambah pada beberapa orang tertentu. Ukuran kacamata yang berubah drastis kemungkinan bisa karena over koreksi, atau kacamata yang dulu ukurannya terlalu kecil, Apakah saat itu Destril membandingkan penglihatan saat memakai kacamata lama dengan kacamata yang diukur saat itu? Akan terlihat perbedaannya juga waktu itu. Penggunaan komputer yang cukup lama dapat mengakibatkan lelah dan beberapa efek radiasi akan menimbulkan gangguan pada mata, namun tidak sampai seprogresif itu. Tidak ada batasan minus yang wajar atau tidak. Selama mata minus yang dikoreksi dengan kacamata bisa melihat hingga maksimal,masih wajar. Jadi, belum tentu orang dengan minus kecil bisa melihat maksimal, dan sebaliknya orang dengan minus tinggi belum tentu tidak bisa melihat maksimal. Selama fungsi retina dan saraf penglihatan masih baik, orang tersebut tetap memiliki fungsi penglihatan yang baik. Jikalau anda ragu terhadap hasil pemeriksaan tersebut, Anda berhak mencari second opinion.

      Salam,
      Rose

  68. dyah Says:

    selamat siang dok,

    saya seorang wanita berumur 30 th dan tidak mengenakan kacamata..
    beberapa minggu terakhir ini kelopak mata kiri saya yang bagian atas sering terasa nyeri apabila kaki saya terutama yang kiri melangkah. Saya termasuk orang yang kelebihan berat badan t 170 cm berat 80 kg…
    selain itu sudah lama mata saya kalau melihat cahaya yang terlalu terang biasanya saya langsung mual ingin mutah..
    apakah saya menderita kelainan mata dok..
    mohon penjelasan…terimaksih sebelumya

    1. asisten Says:

      Selamat sore Dyah,
      Keluhan kelopak mata kiri atas yang sering nyeri dan melihat cahaya menjadi mual ingin muntah merupakan dua keluhan yang bisa berhubungan atau bahkan sama sekali tidak berhubungan. Hal ini harus diperjelas, apakah ada keluhan mata buram, sering sakit kepala, mata berair, sering merah dan adanya benda asing yang mengganjal di kelopak mata. Untuk mengetahui penyebabnya, sebaiknya diperiksakan agar keluhan tersebut cepat berakhir.

      Salam,
      Rose

  69. safira ulfah Says:

    dok, usia saya 18 tahun.
    saya mengalami gangguan pada mata kiri saja.

    pertama kali periksa pada usia 14 tahun, hasilnya -3.50(mata kiri saja).
    pada usia 17 tahun saya periksa lagi, hasilnya -5.50(mata kiri saja juga).
    sekarang usia saya 18 tahun. saya periksa lagi ke dokter, saya di diagnosis “amblyopia”. dan di anjurkan memakai kacamata yg -3.00 .

    dokter,,apakah saya memang terkena penyakit amblyopia atau ada yg lainnya ? bagaimana tahap penyembuhannya dok ? apakah saya masih bisa sembuh pada usia 18 tahun ini ?
    dan pengobatannya dok ?

    tolong di jawab ya dok :)
    terima kasiiihh :)

    1. asisten Says:

      Selamat sore Safira,
      Untuk mengetahui kamu memang menderita ambyopia atau hal lain, tentunya harus saya periksa langsung ya.. Secara umum, kalau ada perbedaan ukuran kekuatan mata kanan dan kiri lebih dari 2 Dioptri, maka akan berisiko menjadi mata malas. Keberhasilan terapi amblyopia paling besar pada masa anak-anak, terutama sebelum 6 tahun. JIkalau sudah dewasa, mungkin bisa dicoba dengan operasi LASIK pada mata kirisehingga mata kanan dan kiri bisa berimbang kekuatannya, tapi tentunya sebelum dilakukan LASIK, harus dilakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dulu untuk mengetahui apakah mata kiri cocok untuk di LASIk dan untuk memprediksi keberhasilannya.
      Salam,
      Rose

    2. asisten Says:

      Selamat sore Safira,
      Ambliopia (mata malas) adalah gangguan fungsi penglihatan yang umumnya terjadi pada satu mata tanpa disertai kelainan pada saraf mata. Pada kasus Safira, terdapat perbedaan kekuatan mata antara mata dan kanan dan kiri (mata kanan nol, mata kiri -5.50). Terdapatnya perbedaan lebih dari 2 menimbulkan perbedaan dalam melihat obyek sehingga mata kanan lebih dominan dalam melihat karena lebih jelas, mata kiri lama-kelamaan malas berfungsi karena diambil alih oleh mata kanan.
      Pengobatan ambliopia dengan menutup mata yang sehat lebih efektif pada anak-anak. Mungkin bisa dicoba alternatif lain, misalnya dengan memasang softlens atau dilakukan LASIK pada mata kiri tersebut sehingga tidak terdapat perbedaan terlalu besar antara kedua mata, namun tentunya harus memenuhi persyaratan yang hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan mata.

      Salam,
      Rose

  70. nurul Says:

    asslm. selamat sore dok.
    saya mempunyai teman, berumur 18tahun saat SMP mata teman saya minus entah berapa. lalu saat masuk SMA dia berhenti memakai kacamata sampai sekitar pertengahan bulan ini teman saya periksa kembali hasilnya kedua matanya plus. yang saya pertanyakan, apakah yang menyebabkan mata teman saya menjadi plus ? padahal umurnya 18th. setahu saya seseorang menderita hipermetropi itu sudah tua ? atau memang setiap umur bisa menderita hipermetropi ? mohon penjelasannya. terimakasih wasslm.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Nurul,
      Mata plus (hipermetropia) biasanya memang terjadi pada usia anak hingga dewasa. Yang harus dibedakan adalah mata plus yang banyak orang sebut mata tua (presbyopia) dengan hipermetropia. Presbyopia umumnya terjadi pada usia 40 tahun ke atas, karena kelemahan akomodasi lensa mata.
      Salam,
      Rose

  71. Fin Says:

    bu, begini sy nih org chinese nah pada umumnya kan mmg sipit tp sipit sy ini di luar dr kewajaran, sy ingat wkt smp sy sdh di juluki “sich tidur” org2 sdh menganggap aku demikian , bahkan aku di pgl” si mata yg tgl garis” kata org mata sy spr org tidur(walau begini sy masih dpt melihat) sy ingat wkt sd sy tdk perna dpt ejekan demikian, dan skrg sy sdh SMA , dan sy melihat foto yg di ambil teman aq dan mmg mata sy benar2 kecil , dan sy ingin tny apakah mata sy bs kembali normal/membesarkan mata sy? apakah langkah2/cara yg hrs sy lakukan? apakah ada hubungan dgn obesitas yg sy alami?apakah ini sdh sgt parah? sblmn sy ucapkan terimakasih atas jawabanya

    1. asisten Says:

      Selamat sore Marfin,
      Bisa dikirimkan foto matamu biar saya bisa tahu kondisinya langsung seperti apa?
      Salam,
      Rose


  72. mlam dok,

    nama saya santhy, sekarang saya duduk dikelas 3IPA slah satu SMA di Palembang,
    bbrapa hari yg lalu saya periksa mata ke dokter, trus hasilnya mata kanan saya baru -0,50 sedangkan yg sebelah kiri -0,75, nah yang ingin sya tanyakan boleh tdk dok kalau saya memakai kacamata yang kedua lensanya -0,75?? atau ada tidak pengaruhnya untuk mata saya yang sebelah kanan?

    terima kasih

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Santhy,
      Pada prinsipnya, kita memakaikan kacamata minus dengan ukuran terkecil yang memberikan penglihatan optimal. Jadi, untuk kasus mata kanan, sebaiknya jangan diberi ukuran yang lebih besar, tetapi tetap diberi -0,50. Kalau diberi ukuran lebih besar minusnya, bisa mengakibatkan mata lelah, pusing, dan sakit kepala. Ukuran yang sudah cocok sebaiknya jangan diubah-ubah lagi.

      Salam,
      Rose

  73. Thaib Saleh Says:

    Assalamu Alaikum Wr Wb. Selat Sore, dok
    Saya laki2 umur 29 tahun, Pek: PNS. Saat ini saya mepunyai keluahan dimana mata saya apabila dari terang ke gelap terasa kabur, butuh beberapa menit untuk adaptasi baru bisa melihat sempurna. Keluahan lain apabila saya melihat otang dari jarak 5 meter ke atas wajah orang tersebut tidak jelas/kabur. Saya juga membaca koran tidak bisa lagi (huruf2 kabur/pecah) Sebelumnya saya menderita penyakit mata “Pterigium” di mata kiri dan kanan dan mata kanan sudah 2 kali di operasi (thn 1994 dan 2007) mata sebelah kiri sudah 1 kali operasi pada tahun 2002.
    Pertanyaan:
    1. Apakah mata kabur ini akibat dioperasi Pterigium?
    2. Apakah karena sering pakai obat mata kortikosteroit (Cendo Xitrol)
    3. Apakah mata saya ini masih bisa disembuhkan dengan obat atau operasi mata lainnya.
    4. Apakah mata saya juga karena mata kering?
    5. Obat apa yang bisa saya minum atau dipakai tetes dok?
    Atas perkenaan dan bantuan dokter kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya.

    Thaib Saleh

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Bapak Thaib Saleh,
      Kalau membaca riwayat operasi Bp, berarti mata kanan pertama dioperasi saat berumur 13 tahun ya pak, hal ini tidak lazim dilakukan pada anak-anak karena pterygium biasanya tumbuh setelah usia dewasa. Kalau dioperasi ulang, berarti ada kekambuhan. Memang pterygium dapat mengakibatkan mata menjadi silinder, kering dan melihat pecah-pecah karena efek silinder. Namun harus dicermati, apakah efek mata kabur dan kesulitan adaptasi dari terang ke gelap apakah semata-mata karena pterygium tersebut atau memang ada gangguan yang lain seperti mata minus, mata silinder, kekeruhan pada kornea atau ada gangguan pada retina. Penggunaan obat mata kortikosteroid tidak dianjurkan untuk jangka panjang karena bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti timbulnya infeksi bakteri dan jamur, kornea menjadi keruh dan melembek. Bapak bisa kirimkan foto mata Bapak yang terbaru, supaya saya bisa lihat kondisinya saat ini, apakah cukup dengan pemberian tetes mata atau harus operasi lagi. Bisa dikirimkan ke arsimedik@yahoo.com

      Sala,
      Rose

  74. andien Says:

    Dokter Rose,sya sdh pakai kacamata sejak kls 4 SD,dimulai dr minus 1.75. Sekarang usia saya 23,dan mata saya minus 9 & silindris 1.
    Sudah sjak SMA saya memakai softlens,dulu sering ganti2 merek tp krn sering iritasi sya skrg hanya brani pakai merek acuvue saja. Saya terfikir untuk melakukan lasik, tp saya dengar efek jangka panjangnya berbahaya dan msh mungkin trjadi kegagalan yg bs menyebabkan kebutaan. benarkah itu dokter?
    dan sampai usia brapa minus mata saya tidak akan bertambah?krn katanya kalau sudah tua malah minus akan berkurang.
    mohon info yang benarnya ya dok.
    trima kasih

  75. Aera Says:

    Dok, saya perempuan umur 16tahun. Saya kalau melihat sesuatu yang jauh itu agak blur, tapi kadang-kadang tidak. Itu sudah termasuk minus belum? Dan bagaimana solusinya. Terima kasih.

  76. Alpin Says:

    Hai…
    Saya Alpin berusia 15thn

    Saya ini pencinta make softlens
    Saya pakai softlens dari kelas 1 SMP
    Tapi semenjak kelas 3 SMP saya membeli softlens bermerek GEO yang dari korea
    Tapi setelah saya pakai pertama kali biasa aja, tetapi setelah dicabut mata langsung merah dan perih.
    Lalu saya tidak memakai softlens selama 1 minggu, saya pun kembali memakai GEO tsb, ternyata pada saat dipakai, mata penglihatan saya kabur dan melihat cahaya itu seperti ada pelangi disekitar lampu tersebut. Pada saat dicabut mata saya merah sekali, perih, dan berair.

    Lalu saya berhenti pakai softlens lg selama 3 minggu. Mata saya ternyata berubah jadi kuning ( sebelumnya putih bersih )
    , merah berurat.

    Saya pergi ke dokter spesialis mata, dkter tsb memberikan resep obat = Capsinat 500 , nufalora, retifit plus selama 1 bulan 1minggu saya diberikan resep itu. Terus, dokter itu bilang saya telah boleh memakai softlens kembali, tp saya merasa mata masih kuning dgn urat yg sedikit. Lalu saya pergi membeli softlens yg baru di optik merek Imax ( warna hitam ) saya pkai, gejala mata buram dan perih ada lagi. Lalu saya gak memakai softlens selama 2bulan, pd tgl 20 november kemarin saya pergi ke medan ( Sumatera Eye Center ), dokterny mengatakan saya mengalami infeksi sekunder, jd saya diberikan obat tetes 2 macam saja ( cendo noncort dan cendo LFX ) tp setelah saya pakai, memang perih sewaktu diteteskan, tetapai mata saya tidak ada perubahan sama sekali, malah makin merah setiap bangun tidur, dan berurat.

    So, bagaimana ini dok ???
    Thanks ya ^_^

    1. asisten Says:

      Selamat siang Alpin,
      Jikalau mata Alpin menjadi buram karena infeksi penggunaan softlens, maka harus diterapi hingga sembuh. Setelah sembuh, harus dipantau terus juga kondisi matanya, dievaluasi mungkin masih ada mata kering atau iritasi kronis. Kadangkala kondisi mata ini yang membikin warna mata tidak jernih dan memberikan semburat merah karena pembuluh darahnya. Bisa juga mata merah disebabkan penggunaan obat mata yang terlampau banyak dan sering. Jikalau infeksi mata sudah sembuh, coba hentikan sama sekali penggunaan tetes mata, mudah-mudahan bisa hilang merahnya.

      Salam,
      Rose

  77. elprin Says:

    apakah mata silinder tidak akan sembuh??

  78. firman Says:

    selamat malam bu.

    anak saya umur 1,5 tahun ( 18 bulan ) ada kelainan di matanya agak juling kalo melihat ke atas.
    mohon beri pencerahan, apakah bisa di disembuhkan dengan terapi ???
    mohon diberi rujukan tempat terapi ato dokter spesialis mata daerah mojokerto ato surabaya.
    terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya

    1. asisten Says:

      Selamat siang Bapak Firman,
      Mata juling saat melihat ke atas mungkin bisa disebabkan adanya kelainan pada otot mata ataupun saraf penggerak otot mata. Sebaiknya diperiksakan ke dokter mata ahli mata juling, supaya penanganannya lebih terpadu.

      Salam,
      Rose

  79. komang padmini Says:

    11/12/2010

    selamat sore dok

    saya berumur 42 tahun mata sebelah kiri saya pas pada bola hitan mata ada semacam selaput putih saya kalau membaca biasa aja didepan komputur biasa aja juga tetapi terganngu rasanya,kadang2 gatal karana ada selaput itu
    apakah harus dioperasi dok? untuk menghilangkan selaput itu ataukah bisa dengan obat?

    1. asisten Says:

      Selamat sore Bp/Ibu Komang,
      Selaput yang Bapak/Ibu maksudkan mungkin adalah pterygium yaitu selaput yang tumbuh pada lapisan mata bening kita (seperti kulit ari buah salah). Selaput tersebut tidak berbahaya, hanya kadang rasanya mengganjal, gatal, membuat mata perih dan merah bahkan terasa panas atau perih. Jikalau pertumbuhannya sudah mencapai bola mata hitam dan mengganjal, apalagi secara kosmetik tidak diinginkan, maka dapat dioperasi. TIdak ada obat mata yang dapat menghilangkan selaput tersebut. Teknik operasi sekarang sudah sangat baik untuk menghindari kekambuhan dan hasilnya sangat baik. Operasi tersebut hanyalah operasi kecil dengan bius lokal, jadi jangan terlalu kuatir asalkan dilakukan oleh dokter mata yang profesional.
      Salam,
      Rose

  80. budiman Says:

    mau nanya bu dokter, mata saya normal namun 2 tahun lalu yg kiri kalu liat tulisan di TV agak buram, mgkn krna bayka kerja di komputer..bagaimana solusina dan apakah bs sembuh normal??
    makasih ya bu-mg bermanfaat

    1. asisten Says:

      Selamat sore Bapak Budiman,
      Banyak bekerja di depan komputer memang sangat menyita kekuatan mata dan bisa mengakibatkan gangguan penglihatan, istilahnya adalah Computer Vision Syndrome. Memang harus dilakukan pemeriksaan mata dulu apakah memang mata buram karena perlu kacamata atau ada gangguan yang lain. Kalau membutuhkan kacamata, memang solusinya harus pakai kacamata, tetapi bila karena hal lain, tentunya terapi sesuai dengan gangguan yang ditemukan.
      Salam
      Rose

  81. tiara Says:

    salam kenal dokter.. Saya seorang gadis berusia hampir 18 tahun. Mata saya telah mengalami minus sejak kelas VII (1smp) tetapi saya m,ulai memakai kacamata sejak kelas 2SMA. Dan sering saya melepas kacamata. dan sekarang mata saya sudah minus 3,5.
    Saya ingin bertanya dokter, kenapa mata selalu bertambah minusnya?? Saya takut akan terus bertambah. Dok, bagaimana cara saya mengatasi dan merawat mata saya agar minusnya tidak terus bertambah? Saya juga ingin mata saya turun minusnya, adakah saran dokter apa yang harus saya lakukan? Misalnya mengonsumsi vitamin, apa merknya dok?
    Bagaimana dengan penggunaan softlens yang diselingi dengan pemakaian kacamata sebaiknya? Mohon jawaban dokter ke alamat email saya saja. Akan terus saya tunggu. Terimakasih.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Tiara,
      Pertambahan minus pada mata setiap orang memang berbeda-beda, sangat dipengaruhi faktor genetik, bola mata, pertumbuhan dan aktivitas jarak dekat (membaca, penggunaan komputer, HP dsb). Umumnya progresifitas tersebut pada wanita akan berhenti di usia 18-20 tahun, namun pada beberapa orang masih bisa bertambah. Jikalau senang membaca, usahakan membaca jangan terlampau dekat, tidak sambil tiduran, penerangan jangan langsung menyorot ke mata, kurangi radiasi komputer dan penggunaan hp terutama main game. Vitamin mata banyak tersedia di pasaran, tetapi tujuan penggunaannya bukan untuk mengurangi minus, tapi menjaga saraf mata tetap berfungsi baik, sirkulasi darah lancar, mata tidak kering dan mencegah kerusakan lensa dan retina. Jangan terlampau kuatir, karena setiap mata manusia itu berbeda. Banyak orang memiliki mata minus lebih dari ukuran kamu, tapi masih bisa tampil ok, berprestasi dan menjadi berkat buat banyak orang.
      Penggunaan softlens dan kacamata yang berselang seling tidak apa-apa, asalkan perawatan dan kebersihan tetap bisa terpelihara.
      Salam,
      Rose
      Rose

  82. budhi fermin sutanto Says:

    Siang dr.Rose,

    salam kenal,
    dok tolong tanya di ujung mata kiri saya (ujung kanan ) ada tumbuh bintil sudah lebih dari 5 tahun, jadi kalau dilihat dari luar seperti ada kotoran matanya, saya sudah konsultasi ke beberapa dokter jawabannya beda-beda, ada yang bilang harus diangakat, tapi juga ada yang bilang itu cuma timbunan lemak diangkat boleh-tidak pun tidak masalah, bintil tersebut membesar tapi tidak cepat, dan setelah satu bintil ini agak membesar, disampingnya tumbuh bintil kecil

    terima kasih dok

    salam,
    budhi fermin

    1. asisten Says:

      Selamat siang Bapak Budhi,
      BIsakah Bapak mengirimkan foto bintil yang dimaksud?
      Karena benjolan pada mata dapat disebabkan banyak faktor…Foto saya perlukan untuk melihat secara jelas. Bisa dikirimkan ke arsimedik@yahoo.com
      Salam,
      Rose

  83. Sie Kiong Says:

    Selamat Pagi Dokter Rose,

    Putra saya belakangan ini sering sekali mengucek2 matanya, katanya gatal. Mulanya kami pikir hanya gangguan biasa, tapi karena dia masih terus mengucek2 matanya, kami membawanya ke dokter. Menurut dokter, bulu matanya tumbuh kedalam, sehingga menggangu kornea/retina matanya dan katanya harus dioperasi. Bagaimana menurut dokter Rose? apakah kasus seperti ini memang harus dioperasi? apakah ada cara lain, mengingat usianya yang belum 6 thn.
    Saya mengucapkan terima kasih atas jawaban Dokter.
    Saham Sehat
    Sie Kiong

    1. asisten Says:

      Selamat sore Bapak Sie Kiong,
      Bulu mata harusnya tumbuh di daerah kulit kelopak dan menghadap ke luar. Bila tumbuhnya mengarah ke dalam, tentunya akan menggores-gores bola mata. Kalau menggores bola mata hitam (kornea), lama-lama kornea akan lecet sehingga bisa infeksi dan penglihatan akan terganggu. Pertumbuhan yang tidak normal ini tentunya harus dilihat apakah karena memang salah tumbuh atau memang karena kelainan anatomi kelopak. Biasanya pada ras Mongoloid, khususnya orang Jepang dan Chinese, karena bentuk kelopak. Tidak semua harus dioperasi, harus dinilai kasus per kasus. Untuk paling mudah, dapat dilakukan pencabutan bulu mata tersebut secara berkala. Bila Bapak atau Ibu berani mencabut sendiri, silahkan lakukan sendiri. Tetapi bila ragu/takut, sebaiknya ke dokter mata untuk dilakukan pencabutan. Mungkin Bapak bisa mengirimkan foto mata anak Bapak, sehingga saya bisa nilai apakah memang karena kelainan kelopak atau hanya bulu matanya saja.
      Salam,
      Rose

  84. mega Says:

    begini bu,,,,, mata kakak saya sangat tidak bisa terkena cahaya matahari langsung, jika terkena matanya akan merah, pedih, berair, sakit, dan lama-lama kelamaan kepalanya juga ikut sakit, kadang sakitnya migrain. dan sakitnya itu sangat sangat dan sangat! dia alami sudah bertahun-tahun. itu penyakit apa yach bu?

    1. asisten Says:

      Selamat sore Mega,
      Mungkin Mega bisa membawa kakak untuk periksa langsung ya, karena dengan begitu saya baru bisa tahu kelainannya terletak di mata atau ada kaitan dengan bagian-bagian lain dari tubuh kita.
      Salam
      Rose

  85. mega Says:

    kakak saya berumur 22 thn, matanya tidak bisa kena matahari langsung, jika kena matanya memerah, berair, pedih,, dan puncaknya lama kelamaan kepalanya ikut sakit tiada tara,,,, biasa jg migrain dok! jd nama penyakitnya itu apa? dia menderita udah bertahun-tahun

  86. nofi Says:

    sore dok,,
    saya nofi,,ingin berkonsultasi.,
    begini,posisi bola mata saya cenderung kedalam.,terkadang terasa sangat tegang sampai pusing serta disakitar mta saya semakin hitam(lingkaran hitam).yg ingin saya tanyakan,,apa penyebab mata saya bisa seperti itu?
    lalu bagaimana cara mengatasinya?
    bsakah diterapy agar posisi bola mata saya normal seperti mata orang lain yang sehat?

    mohon saran dan petunjuknya.,

    terima kasih..

    1. asisten Says:

      Selamat sore Nofi,
      Sejak kapan posisi bola mata ke dalam? Apakah pernah terbentur atau jatuh mengenai mata atau kepala? Tolong usahakan foto kedua mata anda ya pada 1 pose, sehingga bisa saya nilai kondisi mata tersebut. BIsa dikirim ke arsimedik@yahoo.com
      Salam,
      Rose

  87. hendra Says:

    selamat pagi bu,
    saya mau tanya tentang kanan mata saya yang ngeluarin kotoran setelah tidur yang jumlahnya banyak. selain itu mata tidak merah, hanya daging di sekitar mata yang merah.
    sebelum itu saya ke dokter untuk keluhan mata kanan saya ini sedikit tidak jelas untuk melihat, katanya hanya kelelahan dan diberi tetes mata TOBROSON. setelah pamakaian berhenti kok tetap buram mata kanan saya dan tambah ngeluarin kotoran yang gak seperti mata kiri. kondisinya juga sedikit perih,
    terima kasih sebelumnya bu dokter,

    1. asisten Says:

      Selamat sore Hendra,
      Kotoran mata yang banyak terutama di sudut mata, harus dicurigai adanya peradangan kronis di tempat tersebut. Bisa karena infeksi kronis di bagian kelopak mata, bisa juga disebabkan adanya sumbatan kotoran mata di saluran air mata, sehingga kotoran tersebut keluar banyak. Jikalau karena sumbatan kotoran mata, maka saluran air mata harus dibersihkan sehingga air mata bisa mengalir dengan lancar dan tidak menyebabkan penumpukan kotoran mata di daerah tersebut. Bahayanya kalau tidak dibersihkan, kotoran yang menumpuk tersebut dapat mengakibatkan infeksi yang bisa meluas dan berat sehingga mengakibatkan gangguan penglihatan dan lain-lain. Di RS kami peralatan untuk membersihkan kotoran mata sangat memadai.
      Salam,
      Rose
      Rose

  88. sofi husain Says:

    selamat siang dokter Rose..
    saya sofi umur 18 tahun..
    gini,, wktu umr sya sktar 3 thun,, kpla sya trbentur d jalan saat d gendong sma ka2 saya…
    tpi baru skrng d kasih tau sma kk sy..
    dri SD smpe skrng sya sering skit2 kpla…sakitx itu beda gitu dok. terasa nyu2 d kpla bagian belakang… sngguh skit… sya smpe gak tahan.. stiap kali ke doktr, katax sih cma kecape’an,,trllu bnyak nnton TV,,, itu2 Aja kata dokter,,, sya pngin di periksa kyak d lab gitu tp sya msh blm punya uang,,,
    dokter,, knpa ya smpe sakit kyak gitu..???
    apalagi kalau cuaca dngin atw sedang d dlam ruangan berAC..
    biasax skit kpla sbelah kiri,, skt bgt,,, :(
    aplagi skit yg d bgian blkang,,trsa nyut2 bgt,, ya TUHAN,,sakit sekali..kadang smpe muntah…smpe bdan gak tersa enak… walaupn sdh mnum obat tpi tetap sakit.. yahh,, sya diemin aja,, smpe trsa gak sakit lagi…

    trmksh sblumx
    sofi Gorontalo

    1. asisten Says:

      Selamat sore Sofi,
      Sakit kepala bisa disebabkan banyak hal, misalnya karena ada gangguan di mata, rongga-rongga di wajah (sinus), rahang, gigi, telinga, saraf-saraf di kepala, pembuluh darah di kepala dan leher, gangguan di otak dan lain-lain. Tentunya harus diperiksa ya. Jikalau sakit kepala sering karena berada dalam ruangan dingin, mungkin berhubungan dengan sinusitis atau pembuluh darah di daerah tersebut. Jangan biarkan hal ini berlarut-larut karena akan mengganggu kegiatan sehari-harimu. Sebaiknya datangi dokter saraf terlebih dahulu untuk mencari sumber penyebab sakit kepala tersebut ya, daripada sembarang minum obat malah bisa mengakibatkan efek samping yang tidak baik.
      Salam,
      Rose

  89. mohammad ega Says:

    hii…
    nama saya Muhammad Ega. umur 18th.

    dok mengapa mata saya sering berkedip-kedip sendiri secara terus menerus?
    bila berkedip, mata saya sulit untuk di Melekan atau di buka. sekali berkedip mata saya akan terbuka selang waktu 2 atau 3 detik.

    tolong ya Dok? :)

    1. asisten Says:

      Selamat sore Mohammad Ega,
      Sudah berapa lama kedipnya? Apakah disertai keluhan lain? Kenanya satu mata atau keduanya? Apakah Ega pernah mengkonsumsi obat-obatan tertentu? Kalau bisa, coba direkam dan kirimkan ke saya di arsimedik@yahoo.com.
      Salam,
      Rose

  90. awan Says:

    selamat malam dok ,
    saya mau nanya soal mata saya yang buram sebelah,saya nggak tahu waktu saya coba melihat pakai mata sebelah kanan tiba-tiba semua benda atau tulisan yang jaraknya jauh menjadi buram padahal mata sebelah kiri saya baik-baik saja,tidak ada masalah.tolong dong dok,beri saya cara agar mata kanan saya kembali normal.
    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih banyak.

    1. asisten Says:

      Selamat sore Awan,
      Apakah kondisi mata buram pada mata kanan terjadi mendadak atau baru ketahuan sekarang? Kalau mendadak, tentunya harus segera diperiksa dan ditangani. Tetapi kalau mata anda tidak merah, sakit ataupun terkena benturan, mungkin hanya perlu pemakaian kacamata, karena pada beberapa orang, kondisi mata kanan dan kiri memang berbeda. Sebaiknya periksakan ke dokter mata ya agar lebih pasti dan tidak membuat risau.
      Salam,
      Rose

  91. LEUGUNA Says:

    LEUGUNA Says:
    Your comment is awaiting moderation.
    25/12/2010 at 4:18 am

    slmt pagi dok

    saya mau tanya….kenapa mata sebelah kiri jadi buram..seperti ada bulatan hitam…..
    sebelumnya saya berobat ke alternatif bekam…di situ saya difoto mata untuk mendeteksi penyakit. apakh penyebabnya itu?…dan apa nama penyakit seperti saya ?……..cara mengatasinya bagaimana…..dok..

    terimakasih sebelumnya……

    1. asisten Says:

      Selamat sore Leuguna,
      Keluhan melihat ada bulatan hitam (skotoma) bisa disebabkan beberapa hal seperti adanya kelainan di kornea, lensa, cairan mata, retina hingga ke saraf penglihatan. Harus dicek dengan teliti kelainan sebenarnya di mana, baru bisa lakukan diagnosis dan pengobatan. Perlu diingat, bahwa dokter mata bukanlah dukun yang bisa asal mendiagnosis. Anda harusnya datang ke dokter mata, diperiksa secara menyeluruh, baru dokter mata anda bisa menjelaskan dengan lengkap dan benar. Karena kasus scotoma bukan kasus ringan.. OK?
      Anda pernah berobat ke alternatif, tentunya diagnosis penyakitnya harus anda tanyakan langsung ke orang yang bersangkutan dan orang tersebut harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang dia katakan dan lakukan, bukan hanya mengambil keuntungan dari orang-orang yang ‘lebih awam’ kemudian tidak menyelesaikan tanggung jawabnya.
      Salam,
      Rose

  92. Dhian Says:

    Selam siang dok

    Begini dok, anak saya saat ini berumur dua tahun.Mengalami sedikit ketidak sempurnaan pada mata.Yaitu mata sebelah kanannya lebih kecil (sipit) dari mata sebelah kirinya.Saat ini memang tidak mengganggu aktifitasnya,namun saya kawatir nanti sete;ah besar ada rasa minder pada dirinya.Waktu lahir memang mata sebelah kanannya tidak bisa membuka dengan sempurna dan belekan. Pertanyaan saya:
    1.apakah jika nanti sudah besar kedua matanya akan normal?,
    2.langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu menyempurnakan kedua matanya

    trima kasih
    (kalo bisa jwbnnya via email juga)
    salam
    dhian

    1. asisten Says:

      Selamat sore Ibu Dhian,
      Bisa kirimkan foto mata anak Ibu? Karena tanpa melihat saya tidak mungkin dapat menjawab dengan tepat.
      Salam,
      Rose

  93. utha Says:

    slamat malam dok …
    Sya mau tnya dok … Umur sya 20thn dan sudah 1thn menggunakan softlens .. Dengan minus 2,50 kanan kiri …
    Softlens yg saya pakai x2 ,, lalu saya mencoba merek geo ..
    Awal pemakaian tidak bermasalah …
    Tetapi setelah 2minggu …
    Mata saya merah dan di pinggiran bagian mata yg hitam terlihat keruh …
    Bukan d pupil .. Dn terlihat sprti lemak ..
    Apa itu akibat softlens ya dok ??
    Cara mencegah hal yg tdk d inginkan bagaimana ya ??
    Karena sya bekerja slalu berada d ruang ber AC dan d wajibkan menggunakan softlens bukan kca mata …
    Tlng saran nya ya dok …
    Trimakasih …

    1. asisten Says:

      Selamat pagi Utha,
      Kekeruhan yang timbul pada mata hitam harus diwaspadai adanya infeksi, mungkin disebabkan oleh penggunaan softlens, mungkin juga hal lain. Sebaiknya diperiksakan saja untuk mencegah hal/efek yang tidak baik pada mat.

      Salam,
      Rose

  94. Novita Says:

    Selamat siang dok,

    Saya Novita.

    Adik saya mengalami benturan keras di daerah kepala, kemudian matana menjadi kabur. sebagian orang bilang mungkin benturan tersebut mengenai saraf mata.
    yang mau saya tanyakan apakah ada cara untuk membuat mata adik saya menjadi seperti dulu lagi(tidak kabur)?
    dan apakah hal ini akan berdampak tidak baik akan kesehatan mata adik saya..?

    semoga dokter mau memberi saran nya..
    terima kasih sebelumnya..

    1. asisten Says:

      Selamat siang Novita,
      Benturan pada kepala memang bisa mengenai saraf mata. Efeknya dapat berupa cedera, tertarik, bahkan putus. Harus dievaluasi fungsi saraf mata tersebut, baik dengan pemeriksaan mata secara keseluruhan hingga menggunakan bantuan MRI. Jikalau saraf tersebut cedera ringan, fungsinya bisa berangsur-angsur sempurna, tetapi kalau sampai putus, harapan melihatnya sangat kecil. Sebaiknya diperiksakan ya ke dokter mata supaya terdiagnosis pasti.

      Salam,
      Rose

  95. asisten Says:

    SELAMAT NATAL 2010 & TAHUN BARU 2011.

    BAPAK/IBU/SAUDARA/SAUDARI YANG KAMI KASIHI. APRESIASI YANG BEGITU BAIK SANGAT KAMI HARGAI. PERTANYAAN YANG MASUK SANGAT LUAR BIASA BANYAK. SEHINGGA AGAR BISA MELAYANI LEBIH BAIK LAGI, KAMI MOHON MAAF UNTUK SEMENTARA WAKTU FORUM TANYA JAWAB DI WEBLOG INI DITUTUP.

    SAAT INI IBU DOKTER PENGASUH MENGAJAR & MENELITI FULL TIME DI KAMPUS TRISAKTI, BELIAU JUGA MELAYANI PRAKTEK DI DUA RUMAH SAKIT DI JAKARTA: RS.ROYAL TARUMA & RS.GRHA KEDOYA.

    UNTUK MEMBANTU DALAM PELAYANAN BELIAU, ARSIMEDIK PUBLISHER SAAT INI SIAP MELAUNCHING BUKU TANYA JAWAB TENTANG MATA (SERI 1 & 2).

    SEMOGA AKAN MEMBERI KEMAJUAN BAGI RAKYAT INDONESIA.
    SALAM MATA SEHAT DARI TEAM KAMI.

    Segenap Admin & Asisten http://www.matasehat.wordpress.com

  96. asisten Says:

    Website ini telah penuh, Silahkan ke http://www.doktermata.wordpress.com

  97. asisten Says:

    Website ini telah penuh, Silahkan menuju http://www.doktermata.wordpress.com

  98. rahmat Says:

    malam dok..
    saya sudah menggunakan softlens labih kurang 1 bulan yang lalu,. pada awalnya tidak ada keluhan berarti yang saya alami. tetapi akhir2 ini mata saya cepat merah ketika memakai soflens tsbt. dan juga ada semacam lingkaran keabu-abuan di sekitar kornea mata saya. padahal sebelum nya tidak ada lingkaran seperti itu. mata saya yang sebelah kiri juga sering ngilu akhir2 ini. dan terkadang penglihatan sebelah kiri ini mendadak buram. dan itu hanya terjadi pada saat sedang tidak menggunakan softlens.
    yang ingin saya tanyakan, apakah diantara keluhan saya tersebut adalah hal yang berbahaya bagi mata saya??terimakasih dok..

  99. eka Says:

    siang,dok
    sy mau tanya.sy udah memakai kacamata sekitar 7tahun.tetapi kenapa tiap tahunnya minusx bertambah.malah 3 tahun belakangan ini,mata saya silinder.saya baru saja membeli kacamata baru dan periksa.ternyata silindernya bertambah besar.saya sering merasa pusing dan pusingya terkadang sampe 1 hari.yang mau saya tanyakan:
    1.apa minus saya bertambah atau berkurang sehingga saya mengalami pusing?
    2.apakah silinder dan minus pada mata saya bisa dikurangi dok?
    3.di internet banyak yang menawarkan penyembuhan mata silinder dan minus dengan air Oxy dan kacamata pinhole/vision,juga dengan obat tetes mata yang terbuat dari nektar.apa semua barang tersebut efektif untuk menyembuhkan mata minus dan silinder dok?
    terima kasih

  100. windi astuti Says:

    selamt siang dokter,

    saya windi, mau tanya kalau mata saya suka perih dan keluar air mata saat melihat lampu2 yg berwarna putih, suka pusing dan badan juga terasa panas,,,padahal situasi dimana ada lampu2 yg berwarna putih itu dingin,. trimakasih.

  101. Maulina M Says:

    siang dok,
    saya mau tanya
    sudah seminggu ini saya pake softlense karena mata saya min 2,25 biasa’a saya memakai kaca mata tetapi saya ingin mencoba softlens dan masih baik” saja saya memakai softlens jika perlu saja dan tadi malam saya lupa mencopot softlens saya sebelum tdur alhasil bangun tidur mata saya burem dan sangat merah lalu saya berikan obat tetes mata insto tetap saja mata saya masih perih dan sakit lalu saya membeli tetes mata rohto cool mata saya sudah lebih enakan tdk terlalu perih lagi tetapi mata saya masih saja tetap merah knp ya dok? apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi mata merah saya ini? terimakasih

  102. marianti Says:

    met pagi dok,
    saya marianti usian 30 tahun
    saya mau nanya dok mata saya sebelah kanan ini sering perih kdg mau air mata saya keluar. saya pernah periksa ke optik mata saya normal2 aja tapi akhir2 ini sering saya rasakan perih di mata sebelah kanan saya. kira2 mata saya itu kenapa ya dok.

  103. Rahmi Says:

    Pagii dok. .
    Begini. . Mata saya minus msing2 kiri kanan 400. .
    Lalu saya mnggunakn kontak soflen slma 1 thn. . Truz bola mata mngecil. .
    Skrg sya mmkae kacamata sja. . Nh, apa kh bisa bola mata saya kmbali k ukuran smula. . ? Dan bgaimna cara nya. . ?

    Sebelumnya terima kasih. . :)

  104. Chandra Puspita Says:

    siang dok,
    saya menggunakan kacamata karena mata minus.
    mata saya yang sebelah kanan agak sipit sebelah, saya perhatikan bahwa kelopak mata saya yang sebelah kanan tidak melipat sempurna. apakah ada penumpukan lemak atau apa ya dok?
    trimakasih

  105. Chandra Puspita Says:

    siang dok,
    saya menggunakan kacamata karena mata minus.
    mata saya yang sebelah kanan agak sipit sebelah, saya perhatikan bahwa kelopak mata saya yang sebelah kanan tidak melipat sempurna. apakah ada penumpukan lemak atau apa ya dok? bagaimana solusi alaminya agar terlihat sama dok?
    trimakasih

  106. pitra Says:

    selamat pagi dok .
    nama saya pitra umur 20 tahun
    saya ingin bertanya dok , saya pernah melakukan lasik dan dengan anjuran dokter mata sebelum dilasik saya harus melakukan operasi kecil dilaser karena kornea saya tipis. lebih dari setahun yang lalu dan hasilnya sangat baik,saya dapat melihat dengan normal.

    namun kemarin saya berenang dengan mata terbuka. ini bukan pertama kalinya saya berenang setelah lasik.
    setelah berenang mata saya merah da perih.
    saya pikir ini biasa, namun setelah pulang perih dan terasa kering dimata saya tidak hilang2. saya memutuskan untuk memakai obat tetes mata biasa. tapi mata saya justru menjadi kabur apabila melihat cahaya pada lampu. seperti pecah cahayanya.
    namun untuk melihat jauh mata saya masih normal2 saja .
    itu ada apa ya dok?
    bagaimana cara mengobatinya?
    terima kasih dok sebelumnya.

  107. anggra Says:

    Bu Dokter, mau tanya
    mata saya merah tanpa saya tahu sebabnya, tapi hanya di pojok mata kanan saja. itupun tidak perih sama sekali, hanya mengganggu estetika. di dekat pupil ada semacam tonjolan bening ukurannya kecil, di sekitar itulah warna merahnya. apa karena terlalu banyak memakai komputer atau berkendara malam ya dok?? penanganannya bagaimana dan bisa sembuh normalnya berapa hari ya??

    Matur Nuwun…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 62 other followers